[SALAH] Postingan Facebook Gadgetin Mepromosikan Jam Tangan Pintar

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Akun Tiruan. GadgetIn mengimbau warganet berhati-hati terhadap banyaknya akun Facebook palsu.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

===
Sumber Facebook
https://archive.fo/Vsyyd

NARASI:
“:sob: Bodoh! Saya mengantri selama 5 jam untuk membeli Smart Watch 2024 dari merek jam tangan ternama di AS. Harga hanya 199rb per unit (commbo 2 pcs 399rb) dan bergaransi asli 18 bulan. Sesampainya di rumah, saya melihat toko tersebut mengumumkan peluncuran penjualan online, dengan banyak insentif seperti pembelian di toko dan pengiriman gratis ke seluruh negeri. Andai saja saya mengetahui pengumuman ini lebih cepat:sob:
Pada kesempatan pembukaan toko, perusahaan menawarkan diskon 80% untuk jam tangan pintar Garmine T500 Pro selama 2 hari. Oleh karena itu, banyak orang yang datang ke sini untuk membeli barang sehingga membuat tempat ini ramai. Setelah itu, toko harus mengumumkan berakhirnya penjualan di dalam toko dan

Lanjutan referensi di bawah”

===
PENJELASAN:
Beredar postingan di Facebook Gadgetin mempromosikan jam tangan pintar. Dalam keterangannya, pemilik akun tersebut mengantre selama 5 jam untuk mendapatkan jam tangan merk Garmin yang sedang diskon 80%. Terdapat pula foto kondisi antrean pengunjung, model jam tangan, serta foto David GadgetIn membawa barang belanjaannya. Dalam postingan tersemat tautan link pembelian jam tangan tersebut.

Faktanya postingan tersebut hoaks. Gadgetin mengklarifikasi dengan mengunggah tangkapan layar akun Facebook palsu tersebut melalui media sosial resminya mengimbau kepada warganet berhati-hati terhadap akun Facebook tiruan mengatasnamakan GadgetIn.

Foto David pada postingan adalah hasil suntingan. Lalu foto antrean, ketika dilakukan pencarian gambar ditemukan foto serupa merujuk pada situs unwire.hk. Pada situs dijelaskan foto tersebut merupakan antrean iPhone 15 di toko Apple di Shanghai, Cina (09/23).

“Hati2 sama postingan yg beredar di FB ya. Lagi banyak account2 palsu gini :neutral_face:,” tulis GadgetIn pada akun Facebooknya.
Akun media sosial resmi Gadgetin yaitu:
Tiktok: @gadgetin
YouTube, Facebook: GadgetIn
Instagram: @gadgetins
X/Twitter: DGadgetin

===
REFERENSI:
https://www.facebook.com/DgadgetIn/posts/pfbid02By9nRN8semjmPHPxHbr5UHLEcsoEv8FkEABSKwVYpQTyvz7LeHXPuAe42hrUXV6el

https://www.instagram.com/p/C4z0FBSvZWt/?igsh=ZWt4azY3ZGludDB2

https://unwire.hk/2023/09/22/iphone-15-worldwide-apple-retail-store/mobile-phone/

Lanjutan Referensi:
“memutuskan untuk hanya membuka penjualan online di situs resmi ini:
https://www.healthcenter123.store/t500pro.titanium
:smiling_face_with_3_hearts: Ini adalah jam tangan pintar terbaik yang pernah saya gunakan. Perangkat ini memiliki desain cangkang Titanium dan kaca tempered safir yang tahan terhadap benturan dan goresan kuat. Layar OLED edge-to-edge premium dan masa pakai baterai hingga 1 minggu. Perangkat dapat terhubung ke semua jenis ponsel melalui Bluetooth untuk melakukan panggilan, pesan teks, mendengarkan musik dan menerima notifikasi dari jejaring sosial (baik Android & iOS). :kissing_heart: Secara khusus, perangkat ini juga memiliki sensor kesehatan di bagian belakang yang membantu mengukur data seperti tekanan darah, detak jantung, jumlah langkah, konsentrasi oksigen darah, dan lebih dari 100 latihan berbeda. Dengan fitur serbaguna dan desain mewah, T500 Pro adalah pilihan tepat bagi mereka yang menyukai teknologi dan fashion.
️:tada: Promo diskon 80% beli 1 gratis 1 ini hanya berlangsung selama 2 hari saja. Silakan lakukan pemesanan sesegera mungkin di halaman utama:
https://www.healthcenter123.store/t500pro.titanium
(Ada kartu garansi 18 bulan dan barang dapat diperiksa sebelum pembayaran, sehingga Anda dapat yakin!)”