[SALAH]: Jepang melarang suntikan mRNA Covid

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Beredar sebuah narasi bahwa Jepang melarang penyuntikan vaksin Covid-19 berbasis mRNA. Pelarangan itu dikaitkan dengan angka kematian mendadak yang meningkat di Jepang sejak 2021. Namun informasi itu tidak benar karena pada Oktober 2023 lalu, pemerintah Jepang membeli 1 juta dosis vaksin Covid-19 berbasis mRNA yang diproduksi Moderna.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan.

====

[SUMBER]: https://perma.cc/8XUY-N6ZU

====

[NARASI]: Jepang baru saja melarang suntikan vaksin mRNA untuk penggunaan umum dan meminta negara-negara lain untuk mengikuti jejaknya setelah penelitian resmi pemerintah mengaitkan suntikan tersebut dengan melonjaknya kematian mendadak di negara tersebut.

====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah postingan di sosial media dengan klaim bahwa Jepang melarang suntikan vaksin mRNA Covid karena meningkatnya angka kematian di Jepang pada 2021.

Namun setelah dilakukan penelusuran informasi tersebut tidak benar.

Jepang memang pernah menangguhkan penggunaan 1,63 juta dosis vaksin Covid-19 berbasis mRNA yang diproduksi Moderna pada Agustus 2021, karena seminggu setelah pengiriman vaksin distributor dalam negeri menerima laporan adanya kontaminasi di botol.

Usai masalah dugaan kontaminasi teratasi, Jepang tetap melanjutkan program vaksinasinya. Pada 19 Oktober 2023, Jepang kembali membeli tambahan 1 juta dosis vaksin Covid-19 dari Moderna. Sampai Maret 2024, Jepang memberikan vaksin Covid-19 secara gratis.

Namun, Kementerian Kesehatan Jepang akan menerapkan vaksinasi berbayar mulai April 2024. Vaksin tersebut akan diperlakukan sama seperti vaksin influenza musiman, artinya penerima akan diminta membayar. Pemerintah Jepang akan menarik biaya 7.000 yen atau sekitar Rp 730.000.

Sejauh ini tidak ada keputusan dari pemerintah Jepang untuk menghentikan vaksinasi Covid-19.

Dengan demikian klaim tersebut tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

====

[REFERENSI]: https://www.reuters.com/world/asia-pacific/japan-agreed-buy-additional-covid-19-vaccine-doses-pfizer-moderna-2023-10-19/

https://www.reuters.com/world/asia-pacific/japan-withdraws-16-mln-moderna-covid-19-vaccine-doses-over-contamination-nikkei-2021-08-25/

[SALAH] Jepang Melarang Penyuntikan Vaksin Covid-19 Berbasis mRNA

https://cekhoax.id/cek-fakta/hoaks-jepang-larang-vaksinasi-covid-19-berbasis-mrna