[SALAH] Gempa 6,0 SR Guncang Sulawesi Hingga Tamat

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, video yang diunggah di Youtube dan menyatakan bahwa Wilayah Sulawesi tamat akibat gempa 6,0 SR tidak benar. Setelah ditelusuri, terdapat ketidaksesuaian antara narasi yang ditulis dengan yang disampaikan narator dalam video. Selain itu, sejauh ini belum ditemukan informasi valid terkait kerusakan dan korban jiwa dari bencana tersebut seperti yang dinarasikan.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/6YR1mcKUDc8

====
[NARASI] Baru Saja Gempa Magnitude 6,0 SR Guncang Sulawesi Hingga Tamat, Seketika Dalam Bahaya

====
[PENJELASAN]
Sebuah akun Youtube bernama @CCTVBENCANA mengunggah video dengan menyertakan klaim bahwa gempa berkekuatan 6,0 SR pada 02 April 2024. Gempa tersebut mengguncang Sulawesi sehingga wilayah tersebut tamat dan seketika dalam bahaya. Dalam video yang diunggah juga memperlihatkan cuplikan- cuplikan kejadian gempa dan bangunan yang hancur akibat bencana tersebut.

Setelah ditelusuri, ternyata Tim Pemeriksa Fakta Mafindo melihat ketidaksesuaian antara narasi yang ditulis dengan yang disampaikan narator. Narator dalam video tersebut menyatakan bahwa gempa yang melanda wilayah Sulawesi hanya berkekuatan 4,6 Magnitudo dan berada di daerah Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara. Selain itu, pernyataan yang disampaikan narator dalam video mirip dengan salah satu artikel di laman http://TribunKalteng.com. Dalam artikel ini, disebutkan bahwa gempa yang melanda Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara terjadi pada tanggal 31 Maret 2024 dengan kekuatan 4,6 Magnitudo. Sejah ini belum ditemukan informasi valid terkait akibat dari gempa tersebut.

Dengan demikian, video yang diunggah di Youtube dan menyatakan bahwa Wilayah Sulawesi tamat akibat gempa 6,0 SR tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://kalteng.tribunnews.com/amp/2024/03/31/gempa-terkini-m-46-guncang-boroko-bolaang-mongondow-utara-sulawesi-utara-lagi-baru-saja-cek-bmkg

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gempa-60-sr-guncang-sulawesi-hingga-tamat