[SALAH] Deteksi Stroke dan Asam Urat dengan Jari Tangan

Periksa Fakta Vania.
Informasi tersebut tidak tepat. Faktanya, informasi tersebut telah dijelaskan oleh dr. Bambang Kusnardi dan dr.Andreas Wilson bahwa pergerakan jari tidak ada hubungannya dengan mendeteksi stroke maupun asam urat.

=====   

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====   

Sumber: Facebook
https://perma.cc/NF5K-U2AW

=====   

Narasi  
Sekarang cek asam urat dulu:grin:

=====  

Penjelasan:  
Akun facebook Skincare Nouis telah mengunggah postingan pada tanggal 15 Maret 2024 mengenai pengecekan asam urat dan stroke dengan menempelkan kelingking ke telunjuk.

Menyadur dari artikel pemeriksa fakta yang dibuat oleh Tim Pemeriksa Fakta Kompas.com ternyata informasi ini pernah tersebar pada tahun 2022 dan telah ditanggapi oleh dokter spesialis saraf dari Rumah Sakit Royal dan National Hospital Surabaya, Bambang Kusnardi.

Bambang Kusnardi yang telah diwawancarai pada tahun 2022 mengatakan bahwa cara mengecek apakah seseorang berpotensi terkena penyakit stroke dengan menggunakan jari tangan itu kurang tepat untuk mengetahui apakah seseorang berpotensi terkena stroke atau tidak. Bambang juga menyebutkan bahwa kedua hal tersebut tidak ada hubungannya.

Universitas Cincinnati telah mengembangkan tes untuk mendiagnosa stroke dalam 1 menit, pertama menggunakan tes tersenyum, kemudian yang kedua pasien diminta untuk menutup kedua mata dan mengangkat kedua tangannya, karena pada umumnya pasien stroke tidak bisa mengangkat kedua tangan karena ada kelemahan pada salah satu tangan. Yang ketiga dengan pasien diminta untuk mengulang kalimat kalimat sederhana.

Tim Riset Tirto.id juga telah membahas mengenai informasi ini pada tahun 2023. Mereka telah menghubungi dr. Andreas Wilson Setiawan yang merupakan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Dian Nuswantoro, pada 8 Desember 2023.

Ia menegaskan video mendeteksi asam urat dan stroke dengan menempelkan kelingking ke telunjuk tidak tepat karena asam urat berkaitan dengan peningkatan kadar asam urat dalam darah yang dipicu oleh konsumsi makanan yang tinggi purin berlebihan (seperti jeroan, kacang, gorengan).

“Karena asam urat sendiri terkait dengan peningkatan kadar asam urat dalam darah yang dipicu oleh konsumsi makanan yang tinggi purin berlebihan (seperti jeroan, kacang, gorengan) sedangkan untuk stroke sendiri terkait dengan penyumbatan pembuluh darah di otak sehingga terjadi kelemahan pada setengah badan,” kata dr. Wilson lewat pesan singkat, Jumat (8 Desember 2023).

Sehingga, informasi mengenai cara deteksi stroke dan asam urat dengan menempelkan jari kelingking dan telunjuk merupakan informasi yang menyesatkan.
=====    

Referensi:   
https://www.kompas.com/tren/read/2022/10/17/162500165/viral-video-cara-cek-risiko-stroke-dengan-jari-ini-kata-dokter?page=all

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-deteksi-stroke-dan-asam-urat-dengan-jari-tangan

https://tirto.id/deteksi-asam-urat-dan-stroke-bisa-menggunakan-jari-hoaksfakta-gTag