[SALAH] Video Turis Asing Mengalami Pelecehan Seksual di India

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Kejadian pelecehan seksual di video tersebut terjadi di Jepang, bukan India.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/dQS0u

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Seorang turis wanita asing mengalami pelecehan seksual di India. Para pria terlihat menyentuh dah meraihnya saat dia ketakutan dan memprotes. Sulit dipercaya betapa bahayanya bagi wanita untuk bepergian ke India”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @AsianDigest mengunggah video yang memperlihatkan seorang turis wanita asing merasa ketakutan karena dipegang oleh beberapa pria. @AsianDigest mengklaim kejadian tersebut terjadi di India dan menunjukkan betapa bahanya bagi seorang turis wanita untuk bepergian ke India. Cuitan dan video yang diunggah pada 31 Maret tersebut telah disukai 847 orang, dikutip dan dibagikan ulang lebih dari 300 kali, serta telah dilihat lebih dari 50,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Versi lengkap dari video tersebut pernah diunggah oleh akun YouTube “FAIL VIDEOS” yang berjudul “GUYS HARASS JAPANSE FEMALE STREAMER! – New Twitch Momments”. Pada video asli juga dapat terdengar semua orang berbicara dalam Bahasa Jepang.

Informasi serupa juga telah dibahas oleh India Today dengan judul “Fact Check: This video does NOT show foreign tourist being molested in India”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @AsianDigest merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=QRcmDpcDR9Y


https://www.indiatoday.in/fact-check/story/this-video-does-not-show-foreign-tourist-being-molested-in-india-2522280-2024-04-02

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-turis-asing-mengalami-pelecehan-seksual-di-india