[SALAH] Ribuan Rumah Di Pasuruan Hancur Akibat Angin Puting Beliung pada 20 Maret 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Isi video tidak memberikan penjelasan yang sesuai pada klaim jika benar telah terjadi angin puting beliung yang menerjang 158 rumah di Boyolali. Angin kencang yang terjadi di Boyolali hanya menyebabkan sebuah rumah rusak.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://www.youtube.com/watch?v=vHrvjjYVNfg (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~RIBUAN RUMAH DI PASURUAN HANCUR..ANGIN PUTING BLIUNG MENGAMUK & MENGGILA HARI INI”

===========

[PENJELASAN]: Pada 20 Maret 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul ribuan rumah di Pasuruan diterjang angin puting beliung hingga hancur.

Namun, ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Pasuruankab.go.id yang berjudul “11 Rumah Warga Purwosari Rusak Diterjang Angin Puting Beliung. 4 Rusak Sedang 7 Rusak Ringan”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi angin puting beliung yang menerjang ribuan rumah di Pasuruan.

Sementara itu, ternyata fenomena tersebut terjadi pada 17 Maret 2024. Hujan yang disertai angin kencang yang melanda menyebabkan 11 rumah rusak. BPBD Kabupaten Pasuruan memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan adanya ribuan rumah yang hancur di Pasuruan akibat angin puting beliung adalah informasi yang tidak benar. Faktanya angin kencang yang terjadi di Pasuruan hanya menyebabkan 11 rumah rusak.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.pasuruankab.go.id/isiberita/11-rumah-warga-purwosari-rusak-diterjang-angin-puting-beliung-4-rusak-sedang-7-rusak-ringan

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ribuan-rumah-di-pasuruan-hancur-akibat-angin-puting-beliung-pada-20-maret-2024