[SALAH] NENEK TARWIYAH DITANGKAP POLISI KARENA MENGHINA JOKOWI

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, tidak ada informasi resmi yang menyatakan bahwa di dalam video tersebut adalah Nenek Tarwiyah. Selain itu tidak ada juga informasi resmi yang menyatakan bahwa Nenek Tarwiyah ditangkap pihak kepolisian karena menghina Jokowi.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: INSTAGRAM
https://ghostarchive.org/archive/OLL4d

=====
[NARASI]:

Di Duga Menghina Presiden RI JOKOWI, Nenek TARWIYAH di Tangkap Oleh Pihak Yang Berwajib #nenektarwiyahditangkap #hinajokowi

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video melalui media sosial Instagram, seorang wanita yang diduga bernama Tarwiyah disebut ditangkap oleh pihak yang berwajib karena menghina Presiden Jokowi. Tampak di dalam video, wanita tersebut sedang melakukan unjuk rasa di di depan banyak orang. Apakah benar wanita tersebut adalah Nenek Tarwiyah yang ditangkap oleh pihak kepolisian karena telah menghina Jokowi?

Setelah melakukan pencarian dengan kata kunci “Nenek Tarwiyah”, terdapat beberapa ulasan yang menyebutkan bahwa Tarwiyah adalah seseorang yang dikenal sebagai emak-emak yang berunjuk rasa di depan kantor KPU RI. Banyak pula ulasan yang membahas mengenai profil Tarwiyah. Namun sampai saat ini belum ditemukan informasi yang valid mengenai Tarwiyah.

Selain itu, informasi mengenai penangkapan Tarwiyah juga tidak dapat dibuktikan. Melansir dari artikel cek fakta turnbackhoax.id, terdapat ulasan mengenai klaim video yang menyatakan bahwa Nenek Tarwiyah dijemput polisi. Namun dijelaskan bahwa wanita yang terlihat dijemput oleh pihak kepolisian adalah bukan Tarwiyah.

Jadi dapat disimpulkan, informasi yang menyebutkan bahwa Tarwiyah ditangkap oleh pihak kepolisian karena menghina Jokowi adalah informasi yang keliru dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://news.republika.co.id/berita/s9psm1409/viral-sosok-tarwiyah-caleg-dpr-pks-duga-kemunculannya-untuk-diskreditkan-pks

=====
https://www.instagram.com/reel/C4DDyypJEoe/?utm_source=ig_embed&ig_rid=ac74f4cf-5750-4892-8706-7e07dcd14a0c