[SALAH] Video “Nangis..!! Nenek Tarwiyah Dijemput Pak Polisi”

Hasil periksa fakta Rahmah.

Unggahan tersebut tidak benar karena wanita dalam video adalah potongan video ibunda dari artis Tamara saat mendampingi anaknya di Polda Metro Jaya.

===========
[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

Snack
https://archive.is/of03v

===========
[NARASI]:
Akun Snack membagikan sebuah video yang diklaim “Nangis..!! Nenek Tarwiyah Dijemput Pak Polisi”

===========
[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video dengan klaim nenek Tarwiyah dijemput oleh polisi. Dalam video yang berdurasi 35 menit tersebut menampilkan nenek Tarwiyah yang ditemani seorang perempuan di sekitar kerumunan menangis.

Namun setelah dilakukan pencarian gambar, diketahui klaim video tersebut adalah keliru. Ditemukan video serupa pada Channel YouTube Warta Kota Production pada menit ke-3, dijelaskan bahwa wanita dalam video adalah ibunda artis Tamara Tyasmara yang menangis karena Tamara dihujat atas kematian anaknya yaitu Dante, Senin (19/02/24).

Selain itu, tidak ditemukan informasi terkait penangkapan nenek Tarwiyah. Dilansir dari republika.co.id, Tarwiyah adalah caleg DPR RI dari PKS pada Pemilu 2019. Baru-baru ini videonya viral akibat aksinya yang berunjuk rasa di depan kantor KPU RI, sehingga dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan video tersebut merupakan penangkapan nenek Tarwiyah adalah informasi yang tidak benar.

===========
[REFERENSI] :
https://www.youtube.com/watch?v=rErqBzYVAjI

https://news.republika.co.id/berita/s9psm1409/viral-sosok-tarwiyah-caleg-dpr-pks-duga-kemunculannya-untuk-diskreditkan-pks

https://www.instagram.com/vacio.id/reel/C4Apx_ESvCt/