[SALAH] Wilayah Kosanweja Papua Ambruk Diguncang Gempa

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, klaim yang menyatakan bahwa Wilayah Kosanweja atau Kasonaweja ambruk setelah diguncang gempa pada 24 Maret 2024 tidaklah benar. Gempa yang mengguncang Kasonaweja sebenarnya terjadi pada 21 Maret 2024 dan tidak berpotensi tsunami. Selain itu, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan bangunan atau tempat karena gempa 5,4 Magnitudo tersebut.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Youtube
https://web.archive.org/save/https://youtu.be/qxQ34GetTCg?si=2SdwsBAZ0ET9Thn4

====
[NARASI]
BARU SAJA WILAYAH KOSANWEJA AMBRUK…GEMPA MAGNITUDE 5,4 BERGUNCANG HEBAT

====
[PENJELASAN]
Sebuah kanal Youtube mengunggah video yang menyatakan bahwa Wilayah Kosanweja, Papua ambruk karena diguncang gempa hebat pada 24 Maret 2024. Dalam video ini, terlihat cuplikan-cuplikan kejadian gempa dan bangunan-bangunan yang hancur diguncang gempa.

Setelah ditelusuri ternyata, unggahan ini adalah gabungan dari video-video bencana yang bukan terjadi di Wilayah Kosanweja, Papua. Pernyataan yang disampaikan oleh narator juga mirip dengan artikel pada laman tribatanews.polri.go.id. Dalam artikel ini, disebutkan bahwa gempa bumi yang melanda Kasonaweja, Papua terjadi pada 21 Maret 2024. Gempa ini berkekuatan 5,4 Magnitudo dan tidak berpotensi tsunami. Selain itu, dilansir dari liputan6.com belum ada laporan kerusakan akibat gempa. Namun, masyarakat dihimbau tetap waspada.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa wilayah Kosanweja tidak ambruk karena diguncang gempa.

====
[REFERENSI]
https://tribratanews.polri.go.id/blog/nasional-3/gempa-magnitudo-54-guncang-wilayah-kosanweja-papua-hari-ini-71636

https://www.liputan6.com/amp/5555505/gempa-magnitudo-54-guncang-kasonaweja-papua