[SALAH] Presiden Jokowi janjikan akan transfer uang bagi yang mendukung Gibran menjadi wakil presiden

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa Presiden Jokowi memberikan bantuan uang bagi yang mendukung Gibran sebagai wakil presiden 2024, akun yang mengatasnamakan Jokowi tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/Q3Wlx  (arsip)

===========

[NARASI]: “Bagi bpk/ibu2 yang setuju anak saya menjadi wakil presiden di tahun 2024 akan saya transfer . Bca, Bri, Bni, dll”

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Tiktok yang mengatasnamakan Presiden Joko Widodo mengunggah video yang berisi narasi bahwa ia akan memberikan bantuan uang bagi siapa saja yang mendukung Gibran menjadi wakil presiden.

Sebelumnya turnbackhoax.id sudah sering menemukan klaim yang mencatut nama Presiden Jokowi yang diklaim akan memberikan bantuan uang senilai 50 juta dan juga klaim yang mencatut nama Raffi Ahmad jika ia akan memberikan bantuan apa saja bagi yang mendukung Prabowo menjadi presiden.

Seperti dalam temuan sebelumnya tersebut, jika kita klik bio akun yang mengatasnamakan menjadi Presiden Jokowi tersebut maka kita akan dapat menemukan sebuah link Whatsapp yang dapat diwaspadai sebagai bentuk penipuan ataupun kejahatan cyber lainnya.

===========

[REFERENSI] :