[SALAH] Raffi Ahmad Berikan Bantuan untuk Siapa Saja yang Memilih Prabowo

Hasil periksa fakta Panji

Tidak benar bahwa Raffi Ahmad memberikan bantuan kepada siapa saja yang mendukung Prabowo, akun yang mengatasnamakan Raffi tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/x2wdl (arsip)

===========

[NARASI]: “Yang dukung Pak Prabowo sini Kumpul Saya Bantu Sesuai Kebutuhan”

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Tiktok yang mengatasnamakan Raffi Ahmad mengunggah video yang berisi narasi bahwa ia akan memberikan bantuan untuk siapa saja yang mendukung Prabowo.

Akun yang mengatasnamakan Raffi tersebut adalah @raffinagita7171.reals, sedangkan akun Tiktok resmi milik Raffi Ahmad adalah @raffi_nagita. Akun Raffi Ahmad yang asli tersebut juga tidak ditemukan sama sekali video jika Raffi Ahmad akan menjanjikan bantuan untuk siapa saja yang mendukung Prabowo Subianto.

Jika dicek ke profil akun @raffinagita7171.reals, pada deskripsi akun akan ditemukan sebuah link Whatsapp yang mana hal tersebut sudah beberapa kali turnbackhoax.id temukan dan harus diwaspadai sebagai modus penipuan online, salah satu contohnya pernah mencatut nama Ganjar Pranowo.

Selain itu setelah dilakukan pencarian sumber asli video, maka ditemukan sebuah hasil jika video Raffi dan Prabowo tersebut diambil dari live Instagram Raffi Ahmad. Dalam live tersebut, Raffi mengungkapkan, bahwa animo masyarakat yang merespons akunnya sangat luar biasa. Bahkan terlihat beberapa selebriti turut bergabung untuk menyampaikan salam pada Prabowo.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.tiktok.com/@raffi_nagita?lang=en

https://www.tvonenews.com/berita/180571-raffi-ahmad-live-instagram-bersama-prabowo-para-selebriti-kirim-doa?page=1

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-raffi-ahmad-berikan-bantuan-untuk-siapa-saja-yang-memilih-prabowo