[SALAH] Gelombang Tinggi Kembali Mengamuk di Wilayah Indonesia pada 25 Maret 2024

Hasil periksa fakta Ainayya. 

Unggahan video yang mengklaim bahwa gelombang tinggi mengerikan kembali menerjang wilayah Indonesia pada 25 Maret 2024 merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “Gelombang Laut Masih Tinggi di Peralihan Musim, Ombak Bisa Setinggi Ini”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]: 

https://ghostarchive.org/varchive/Lvsq5WEuvlE (YouTube)

=======

[NARASI]: “BENCANA ALAM TERBARU ~ OMBAK MENGERIKAN MENERJANG… GELOMBANG TINGGI MENGAMUK HARI INI | OMBAK MENGERIKAN, GELOMBANG TINGGI KEMBALI MENGAMUK HARI INI SANGAT MENYERAMKAN”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 mengunggah video dengan klaim bahwa gelombang tinggi mengerikan telah kembali menerjang wilayah Indonesia pada Senin, 25 Maret 2024.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Radar Bromo berjudul “Gelombang Laut Masih Tinggi di Peralihan Musim, Ombak Bisa Setinggi Ini”.

Sumber: Radar Bromo

Artikel tersebut memberitakan mengenai himbauan BMKG terhadap cuaca ekstrem, terutama di wilayah perairan karena gelombang masih tinggi. Jika cuaca memburuk, nelayan yang melaut juga diminta untuk segera menepi dan menuju ke daratan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bencanaalam294 merupakan informasi yang salah. 

=======

[REFERENSI]: 

https://radarbromo.jawapos.com/pasuruan/1004469416/gelombang-laut-masih-tinggi-di-peralihan-musim-ombak-bisa-setinggi-ini