[SALAH] AirPods Apple Berbahaya karena Radiasi Electromagnetic Field (EMF)

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Ahli radiologi klinis menyebut bahwa penelitian sekitar 70 tahun mengenai efek biologis radiasi ini pada tingkat rendah sesuai margin standar yang sudah ditetapkan tidak berbahaya. Federal Communications Commission menyatakan bahwa AirPods sudah memenuhi standar tersebut.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Instagram

https://perma.cc/Z8CP-LVC5

= = =

Narasi:

“Perangkat ini bekerja dengan memancarkan dan menerima radiasi gelombang mikro frekuensi radio, yang dapat memanaskan dan merusak jaringan tubuh Anda… Ada banyak penelitian yang melaporkan efek negatif dari radiasi ini”

Narasi dalam video:

“Jika Anda memakai Apple AirPods, Anda mungkin mengalami sesuatu yang lebih buruk daripada terlihat sangat keren. 250 ilmuwan dari lebih 40 negara telah menandatangani petisi untuk memperingatkan terhadap radiasi gelombang radio dari teknologi nirkabel. Pikirkan tentang airpod yang Anda letakkan di kepala Anda. Mereka berkomunikasi melalui otak Anda dan mereka dengan jelas menghasilkan sejumlah besar radiasi EMF medan elektromagnetik gelombang mikro. Saya sudah mengujinya, sangat jelas, air pod menghasilkan jumlah yang sangat besar dan Anda terkadang memakainya berjam-jam sehari saat Anda berada di gym. Ada sejumlah besar penelitian yang mencakup lebih dari 1500 penelitian dan sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa radiasi gelombang mikro ini berbahaya bagi tubuh Anda. Jadi penelitian terhadap sperma manusia menunjukkan bahwa ketika mereka terkena EMF ini, DNA mereka akan lebih banyak terpecah dan motilitasnya terganggu. Lihat, ada solusi mudah di sini, headphone berkabel akan mengurangi jumlah EMF secara signifikan, terutama jika ponsel Anda dalam mode Pesawat dan Anda mendengarkan konten prarekam saat Anda menggunakannya.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan Instagram membagikan informasi bahwa AirPods dapat berbahaya bagi tubuh karena memancarkan Radiasi Electromagnetic Field atau radiasi EMF.

Namun klaim tersebut menyesatkan. Melalui AFP Jerrold Bushberg, seorang profesor radiologi klinis di Universitas California-Davis, menyebut bahwa penelitian selama 70 tahun mengenai efek biologis dari radiasi ini menunjukkan tidak ada efek berbahaya pada tingkat radiasi rendah sesuai margin standar yang sudah ditetapkan.

Sedangkan Federal Communications Commission menyatakan bahwa AirPods sudah mematuhi peraturan yang dirancang untuk standar tersebut aman tersebut. Sehingga AirPods dipastikan tidak berbahaya bagi tubuh secara biologis seperti yang disampaikan pada postingan tersebut.

Dengan demikian, AirPods berbahaya karena terdapat radiasi EMF adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34KB2DJ

= = =