[SALAH] AirPods Memancarkan Radiasi EMF yang Berbahaya

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti valid yang mendukung klaim tersebut, serta emisi AirPod sudah terbukti berada di bawah standar yang ditetapkan oleh regulator AS dan pedoman internasional.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: TikTok
https://web.archive.org/web/20240306125901/https://www.tiktok.com/@thesamknight/video/7145583537368927530?q=airpod%20harmful

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):
“AirPods membunuh Anda. Paparan EMF yang Anda peroleh dari AirPods benar-benar memasak dan mengacak-acak otak Anda”.

“Paparan EMF mengacak-acak DNA Anda dan membuat energi medan jantung Anda tidak koheren”.

=====

Penjelasan:
Akun TikTok @thesamknight membuat video dan mengunggahnya di akun pribadinya. Video itu menjelaskan bahwa AirPods akan mengacak-acak otak penggunanya karena menghasilkan radiasi EMF. @thesamknight juga menambahkan di kolom penjelasan bahwa paparan radiasi EMF menyebabkan energi medan jantung penggunanya menjadi tidak koheren. Video yang diunggah pada 21 September 2022 tersebut telah disukai oleh 606 orang, disimpan 159 kali, serta dibagikan ulang 236 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Melansir dari pernyataan Jerrold Bushberg, seorang profesor klinis radiologi di Universitas California-Davis kepada AFP Fact Check, bahwa telah ada margin keselamatan yang cukup luas dan rinci yang diatur secara internasional. Jerrold menambahkan bahwa standar keselamatan tidak ditetapkan pada ambang batas antara bahaya dan selamat namun ditetapkan 50 kali lipat di bawah tingkatan ‘bahaya’.

Selain itu, informasi serupa juga pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] AIRPODS MEMANCARKAN RADIASI EMF BERBAHAYA” dan dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @thesamknight merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34KB2DJ


https://turnbackhoax.id/2022/11/29/salah-airpods-memancarkan-radiasi-emf-berbahaya/