[SALAH] JOKOWI GADAIKAN KALIMANTAN KEPADA CINA SEBAGAI JAMINAN HUTANG

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, video yang beredar tersebut merupakan video pidato Xi Jinping pada saat menerima undangan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Indonesia pada tahun 2013.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT/Konten Palsu

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/C87AB

=====
[NARASI]:

“PRESIDEN CHINA MEMINTA MEPADA JOKOWI MENYERAHKAN TANAH KALIMANTAN SEBAGAI JAMINAN
Haus Kekuasaan… Kalimantan Di Gadaikan”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Facebook, video yang mengklaim bahwa demi kekuasaan, Jokowi telah menggadaikan salah satu pulau besar di Indonesia, yaitu Kalimantan. Video yang diunggah oleh akun bernama Bambang ini juga memperlihatkan sebuah klaim yang menyatakan bahwa Presiden Cina telah meminta kepada Jokowi agar tanah Kalimantan diserahkan sebagai jaminan utang. Lalu, apakah klaim yang disampaikan di dalam video tersebut benar?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai klaim ini, diketahui bahwa klaim pada unggahan tersebut nyatanya mengandung kekeliruan. Melansir dari keterangan artikel cek fakta turnbackhoax.id yang berjudul, “[SALAH] Pidato Presiden Cina Minta Pulau Kalimantan untuk Jaminan Hutang”, konteks yang benar dapat ditemukan di dalam sebuah video CGTN yang tayang pada 3 Oktober 2013 di YouTube.

Video yang berjudul “Chinese President Xi Jinping has addressed Indonesia’s parliament – It is the first speech from a foreign leader to the assembly” ini merupakan video pidato Presiden Xi Jinping pada saat datang ke Indonesia. Xi Jinping menyampaikan bahwa kehadirannya di Indonesia adalah dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Cina. Kehadiran Xi Jinping juga atas undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Oktober 2013 lalu.

Jadi dapat disimpulkan, video dengan klaim yang menyatakan bahwa Jokowi menggadaikan Kalimantan sebagai jaminan hutang kepada Cina, merupakan klaim keliru dan termasuk ke dalam kategori fabricated content atau konten palsu.

=====
[REFERENSI]:

https://www.antaranews.com/berita/4004088/hoaks-pidato-presiden-china-meminta-pulau-kalimantan-sebagai-jaminan-utang

=====
https://www.facebook.com/share/r/kAycKoyBrFk9EHpi/?mibextid=A7sQZp