[SALAH] Pidato Presiden Cina Minta Pulau Kalimantan untuk Jaminan Hutang

MENYESATKAN, pelintiran daur ulang. Sudah diperiksa dan diklarifikasi sebelumnya pada tahun 2021 lalu, FAKTA: video yang dibagikan adalah sesi pidato Xi Jinping ketika bertemu dengan DPR pada tahun 2013 yang disunting dengan menambahkan teks terjemahan yang TIDAK sesuai dengan arti yang sebenarnya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: TikTok, archive.today (arsip cadangan).

NARASI: * “PRESIDEN CHINA
MEMINTA KEPADA
JOKOWI MENYERAHKAN
KALIMANTAN SEBAGAI
JAMINAN

KARNA BAGI CHINA
KALIMANTAN JALUR
EMAS MENUJU NEGARA
MEREKA” (teks di dalam video).

* “DAN INI MUNGKIN YG DIINGINKAN PARA PENYEMBAHNYA #barisanperubahan #salamperubahan✊🇮🇩” (teks di post).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1].

SUMBER membagikan pelintiran daur ulang yang sudah diperiksa dan diklarifikasi sebelumnya pada tahun 2021 lalu, FAKTA: video yang dibagikan adalah sesi pidato Xi Jinping ketika bertemu dengan DPR pada tahun 2013 yang disunting dengan menambahkan teks terjemahan yang TIDAK sesuai dengan arti yang sebenarnya.

Verifikasi Video

Salah satu sumber video dengan konteks yang BENAR, CGTN pada 3 Oktober 2013 di YouTube: “Chinese President Xi Jinping has addressed Indonesia’s parliament – It is the first speech from a foreign leader to the assembly.” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

turnbackhoax.id pada 16 Jul 2021: “Selain memelintir artikel, video yang dibagikan TIDAK berkaitan dengan klaim. FAKTANYA, artikel yang dipelintir adalah hasil periksa fakta yang menyatakan bahwa isi video TIDAK sesuai dengan thumbnail. Selain itu, video yang dibagikan adalah sesi pidato Xi Jinping ketika bertemu dengan DPR pada tahun 2013, disunting dengan menambahkan teks terjemahan yang TIDAK sesuai dengan arti yang sebenarnya.” [3]

REFERENSI

[1] First Draft News: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate) / archive.today (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “President Xi Jinping delivers speech at Indonesia parliament” / archive.today (arsip cadangan).

[3] turnbackhoax.id: [SALAH] “CINA MINTA PULAU KALIMANTAN DISERAHKAN SEBAGAI JAMINAN HUTANG.” / archive.today (arsip cadangan).