[SALAH] Jokowi – Prabowo Nampaknya Akan Melarikan Diri ke China, Demo Pemakzulan Jokowi di Jakarta

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, video yang dilampirkan dalam unggahan tersebut merupakan video demonstrasi tolak omnibus law UU Cipta Kerja pada 8 Oktober 2020.

=====   

KATEGORI: Konten yang menyesatkan

=====   

Sumber: Twitter
https://archive.md/wuycj

=====   

Narasi  
JOKOWI DAN PRABOWO NAMPAKNYA AKAN  melarikan diri ke CHINA ???
Prabowo S nampaknya mulai panik dan serba salah ? Dia terjebak krn kemenangan via QC ditolak Rakyat 38 Propinsi seluruh Indonesia.
Kemenangan ANIES B jelas hampir di semua TPS tersebar seluruh pelosok Indonesia.:grin::raised_hands:

=====  

Penjelasan:
Akun Twitter Husni Andalas mengunggah video mengenai demo yang dilakukan untuk memakzulkan Jokowi, KPU dan diskualifikasi Prabowo – Gibran pada 19 Maret 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut identik dengan video tiktok @JP_2 pada 21 Februari 2024. Dilansir dalam turnbackhoax.id video tersebut merupakan video demonstrasi yang dilakukan untuk menolak omnibus law UU Cipta Kerja pada tanggal 8 Oktober 2020 di sekitaran Istana Negara.

Dilansir pada laman berita CNN, Kericuhan mulai pecah di demonstrasi tolak omnibus law UU Cipta Kerja (Ciptaker) sekitar Istana Negara. Massa yang merangsek maju di sekitar Harmoni, Jakarta Pusat. Pada 8 Oktober 2020 massa masih bertahan di depan jalanan sekitar Halte besar TransJakarta atau depan Gedung Kantor Pusat Bank Tabungan Negara. Dengan begitu, video tersebut tidak ada kaitannya dengan demo pemakzulan Jokowi ataupun diskualifikasi Prabowo – Gibran.

=====    

Referensi:   
https://www.cnbcindonesia.com/news/20201008145933-8-192860/penampakan-demo-rusuh-di-seputaran-istana-negara
https://vt.tiktok.com/ZSFSwBGeq/
https://turnbackhoax.id/2024/03/03/salah-demo-pemakzulan-jokowi-diskualifikasi-prabowo-gibran/