[SALAH] Video “Soeharto Menyatakan Era Pemerintah Jokowi Lebih Kejam”

Hasil periksa fakta Rahmah.

Video telah dimanipulasi. Faktanya video tersebut menunjukkan hasil sebesar 98,61 persen disunting oleh rekayasa AI.

KATEGORI: PARODI

SUMBER: INSTAGRAM
https://ghostarchive.org/archive/uiYxu

NARASI: “Saya pikir dulu di masa pemerintahan saya kejam, ternyata era ini yang dipimpin 10 tahun ini lebih kejam dari era saya 32 tahun, tidak sebanding dengan sekarang. Dulu saya tidak pernah mengajukan atau memerintahkan anak saya untuk menjadi presiden atau wakil presiden”

PENJELASAN:
Sebuah akun Instagram membagikan video berdurasi 48 detik yang menayangkan Presiden kedua Indonesia Soeharto mengomentari era pemerintahan Jokowi. Dalam video terlihat Presiden Soeharto sedang berbicara mengungkapkan era pemerintahan saat ini lebih kejam dibanding masa Orba di era kepemimpinannya selama 32 tahun. Ia juga mengatakan tidak pernah mengajukan atau memerintahkan anaknya untuk menjadi presiden atau wakil presiden.

Setelah ditelusuri, video tersebut telah dimanipulasi dan merupakan deepfake. Pada laman turnbackhoax.id, video serupa pernah dibahas dengan judul “[SALAH] Video Keprihatinan Soeharto terhadap Rusaknya UU dan Demokrasi “. Pada artikel disebutkan probabilitas penggunaan AI pada audio sebesar 98,61 persen.

Sebagai tambahan Presiden Soeharto telah meninggal pada 27 Januari 2008. Dengan demikian video hasil rekayasa Soeharto mengomentari era pemerintahan Jokowi lebih kejam tersebut masuk ke dalam kategori parodi.

REFERENSI
https://www.antaranews.com/berita/3967506/hoaks-video-soeharto-ucapkan-pemerintah-jokowi-lebih-kejam-dibanding-orba

Sb asli
https://www.instagram.com/reel/C20qzM9Syr9/?igsh=MTFhaTlwZG91ZjhxeQ==