[SALAH] Akun Facebook Bupati Kotawaringin Timur “Haji Halikinnor”

Hasil periksa fakta Rahmah.

Halikinnor mengklarifikasi akun yang beredar palsu.

KATEGORI: IMPOSTER CONTEN/ KONTEN TIRUAN

===
SUMBER: FACEBOOK
https://archive.is/mPaTW

NARASI:
“Maaf ganggu saya mau tanya barangkali ada pembangunan masjid atau pondok pesantren di daerah sekitar bapak, kebetulan saya dan keluarga mau sodaqoh di masjid atau pondok pesantren, barangkali bisa bantu saya untuk amanahkan program sodaqoh saya dan keluarga”

===
PENJELASAN: Beredar akun Facebook Haji Halikinnor Bupati Kotawaringin Timur. Akun tersebut memasang foto profil Halikin memakai pakaian dinas dan latar belakang Facebooknya foto Halikin bersama wakilnya yaitu Irawati.

Berdasarkan hasil penelusuran, akun Facebook tersebut diketahui palsu. Halikinnor menegaskan ada seseorang yang menggunakan nama dirinya. Ia mengimbau kepada masyarakat jangan mudah percaya dengan modus penipuan menawarkan bantuan dari pemerintah daerah.

“Ada orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan akun palsu saya dan wakil bupati untuk meminta sumbangan. Ceritanya pemilik akun itu mau menyumbang, lalu meminta dengan modus sebagian dibagi ke A, ke B dan ternyata itu penipuan,” ucap Halikin, Senin (4/3) dilansir dari klikkalteng.id.

Pada bulan lalu terdapat pula akun WhatsApp yang mengatasnamakan Halikinnor telah dibahas di laman turnbackhoax. Berdasar seluruh referensi, akun Facebook bernama Haji Halikinnor bukanlah milik Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor. Akun tersebut masuk ke dalam kategori impsoter content atau konten tiruan.

===
REFERENSI:
https://www.klikkalteng.id/baca/2024/03/04/36847/waspada-nama-bupati-kotim-dicatut-akun-facebook-untuk-menipu-begini-modusnya

https://www.antaranews.com/berita/3997440/namanya-dicatut-bupati-kotim-waspada-akun-palsu-peminta-sumbangan