[SALAH] Video Seorang ‘Jihadist’ Meledak Setelah Jatuh dari Hoverboard

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten parodi. Pada video yang asli, pria yang jatuh dari hoverboard tersebut tidak meledak.

=====

KATEGORI: KONTEN PARODI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/vrRl4

=====

Narasi:

“Jihad gone wrong”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @HasnaZaruriHai mengunggah video seorang pria yang jatuh saat mengendarai hoverboard, yang kemudian meledak. @HasnaZaruriHai menambahkan komentar bahwa aksi tersebut adalah aksi jihad yang tidak berhasil. Cuitan dan video yang diunggah pada 8 Maret tersebut telah disukai 514 orang, dikutip dan dibagikan ulang lebih dari 80 kali, serta telah dilihat lebih dari 22,000 kali.

Setelah video tersebut ditelusuri, video itu sudah diedit. Video yang asli sudah beredar di internet sejak 2015, salah satunya diunggah oleh akun YouTube “admin admin”. Pada video tersebut terlihat video yang sama persis seperti yang diunggah @HasnaZaruriHai, namun pada akhirnya pria tersebut terjatuh dan tergeletak di jalan, bukan meledak.

Video yang sama persis juga pernah diunggah oleh kanal berita Daily Mail di artikelnya yang berjudul “Painful moment man is sent hurtling down the road face-first after he loses his balance on speeding hoverboard in Dubai”. Tidak ada keterangan pria tersebut merupakan ‘jihadist’ yang meledak pada artikel Daily Mail tersebut. Pada videonya juga tidak ada adegan pria tersebut meledak.

Dengan demikian, video dan informasi yang disebarkan oleh @HasnaZaruriHai merupakna konten parodi.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=SMz9DMvOVAQ


https://www.dailymail.co.uk/news/article-3280868/Painful-moment-man-sent-hurtling-road-face-loses-balance-speeding-hoverboard-Dubai.html