[SALAH] Video Pasar di Bradford, UK, yang Dipenuhi Imigran Sampai Tidak Ada Orang Asli Inggris Lagi

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut diambil di Sindh, Pakistan, bukan di pasar Bradford, UK.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/SpPwz

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Kota #Bradford di Inggris sama sekali tidak dapat dikenali karena #imigrasi massal. Gambaran serupa juga terjadi di banyak kota Eropa lainnya.
Imigrasi massal jelas merupakan salah satu kejahatan terbesar terhadap masyarakat dan peradaban Eropa #omvolking #UnitedKingdom #standup #Immigrants”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @anticovidiano74 mengunggah video dari TikTok yang menunjukkan keadaan sebuah tempat perbelanjaan yang dipenuhi oleh orang-orang yang terlihat berasal dari Timur Tengah. Video itu diklaim diambil di pasar Bradford, UK, yang kemudian dilengkapi dengan kalimat bahwa ini menunjukkan kejahatan massal yang terjadi akibat imigran yang membludak di Inggris dan berbagai negara Eropa lainnya. Cuitan dan video tersebut diunggah pada 4 Maret 2024.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video yang asli dan versi lengkapnya telah diunggah oleh pengguna YouTube bernama “GIRL IN PARADISE” dua tahun lalu. Video itu berjudul “Walking Tour of Hyberabad Pakistan, Walking Through Shahi Bazar, Resham Bazar, City Walk”. Deskripsi dari video itu menjelaskan bahwa pasar yang bernama Shahi Bazar tersebut merupakan pasar terpanjang di Asia dan merupakan tempat yang terkenal di Pakistan.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @anticovidiano74 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=Gq1EtXTL7ZE