[SALAH] Video Mantan Gubernur Nigeria Dihukum Cambuk dan Dimiskinkan Karena Kasus Korupsi

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim mantan gubernur Nigeria dihukum cambuk dan dimiskinkan karena kasus korupsi adalah konten yang menyesatkan. Faktanya seseorang dalam video tersebut bukanlah mantan gubernur Nigeria, melainkan seorang kepala desa di Ghana .

=========
[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

========
[SUMBER]: https://web.archive.org/save/https://x.com/AbunawasReturn/status/1764945649823515043?t=zcqp5h7kDqJ5Z79bbBe6tA&s=35

=====
[NARASI]:
“Mantan Gubernur Nigeria kasus korupsi sedang dihukum cambuk dan dimiskinkan. Semga ex para KORUPTOR & PENGKHIANAT Konstitusi di Indonesia mendapat hukuman dari rakyat Indonesia! TAKBIR. Video ini sudah pernah diposting, namun perlu terus diulangi lagi”

============
[PENJELASAN]:

Akun Twitter @AbunawasReturn pada 5 Maret 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa mantan gubernur Nigeria dihukum cambuk dan dimiskinkan karena kasus korupsi. Setelah dilakukan penelusuran video tersebut identik dengan video yang diunggah oleh akun instagram @ghpage_tv. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan caption “A village chief being whipped by his people for stealing money meant for construction of wells. A just reward for corruption & dishonesty you may agree. Is our criminal justice system too lenient in issues of corruption, or do we resort to these traditional methods of penance?”.

Berdasarkan bukti tersebut diketahui bahwa pria yang sedang mendapat hukuman cambuk tersebut adalah seorang Kepala Desa. Teguran tersebut diberikan dari warganya karena telah mencuri uang untuk pembangunan sumur di desanya. Sehingga dapat disimpulkan klaim di atas adalah tidak benar.

==========
[REFERENSI]:
[1] https://www.ghpage.com/village-chief-whipped-by-his-people-for-stealing-money-meant-for-the-construction-of-wells/286822/
[2] https://www.instagram.com/reel/CuolQm8AK0u/?igsh=MWdiM3MycHRnZWs0Mw==