[SALAH] Daftar Nama Menteri dan Kepala Staf Presiden Prabowo-Gibran Periode 2024-2029

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan dengan klaim daftar nama menteri dan kepala staf Presiden Prabowo-Gibran tahun 2024-2029 adalah konten palsu. Faktanya tidak ada bukti yang valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Palsu

====

[SUMBER]: https://web.archive.org/save/https://youtu.be/bQ5yLfTrkCQ?si=o5fg9oFuiJAz-OE9

====
[NARASI]: “MENUJU INDONESIA EMAS, INILAH MENTERI & KEPALA STAF PRESIDEN PRABOWO-GIBRAN PERIODE 2024/2029”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube “New Anak Kampung” pada tanggal 24 Februari 2024 mengunggah video daftar nama menteri dan kepala staf Presiden Prabowo dan Gibran. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut. Hingga saat ini (9 Maret) belum ada pengumuman resmi mengenai pemenang Pilpres 2024.

Video berdurasi 6 menit 33 detik tersebut hanya berisi foto beberapa tokoh politik dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Seperti Nusron Wahid menduduki posisi sebagai Kepala Staf Kepresidenan, Airlangga Hartarto sebagai Menko Bidang Perekonomian, dan seterusnya.

Setelah ditelusuri daftar nama menteri dan kepala staf presiden era Prabowo-Gibran tersebut adalah tidak benar. Dikutip dari infobank.com, Gibran sendiri menanggapi dan menyatakan susunan menteri yang viral di media sosial tersebut adalah tidak benar atau hoax. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan video tersebut merupakan konten palsu.

==========

[REFERENSI]

[1]
https://infobanknews.com/viral-susunan-menteri-kabinet-prabowo-gibran-ada-nama-erick-thohir-hingga-ahy/
[2] https://turnbackhoax.id/2024/02/23/salah-bocoran-daftar-menteri-prabowo-gibran/