[SALAH] Supaya Rakyat Makin Miskin, Rezim Jokowi Akan Ekspor Beras Ke China 2,5 Juta Ton

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan bahwa Jokowi akan ekspor beras ke China 2,5 juta ton adalah konten yang menyesatkan. Faktanya tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut.

====

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

====

[SUMBER]: https://web.archive.org/save/https://twitter.com/MichelAdam7__/status/1763072912549167533?t=dB6Psmuac9Nj30Vn61NJ3A&s=19

====
[NARASI]: “Supaya rakyat Indonesia makin miskin, makin sengsara, harga beras dibikin mahal. Rezim Jokowi akan kirim beras ke Cina 2,5 juta ton, Teman2ku”

====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun X dengan nama pengguna @MichelAdam7_ mengunggah video dengan klaim bahwa rezim Jokowi akan ekspor beras ke China sebanyak 2,5 juta ton supaya rakyat Indonesia makin sengsara. Faktanya tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut.

Dalam video tersebut tampak Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin marah dengan tidak sinkronnya data internal Kementerian Pertanian (Kementan) terkait adanya informasi Kementan akan mengekspor beras ke China sebanyak 2,5 ton. Sebelumnya, video serupa telah banyak beredar di berbagai media sosial. Salah satunya yaitu yang diunggah oleh akun instagram @irwankuswantoro01. Dilengkapi dengan narasi ““Astagfirullah hal’azim Indonesia kirim beras ke cina 2,5 juta ton, sementara kita lagi langka beras mala disuruh makan singkong keladi dan sukun Ya ALLAH, ternyata rakyat prank lagi..!!! ”.

Setelah ditelusuri tidak ada bukti kredibel terkait klaim dalam video. Dilansir dari cnnindonesia.com, China memang mengajukan impor beras ke Indonesia sebanyak 2,5 juta, namun pemerintah Indonesia hanya mampu memberi sebanyak seribu ton beras. Setelah ditelusuri lebih lanjut video dalam unggahan tersebut identik dengan video yang pernah diunggah di kanal Youtube DPR RI berjudul “Kementan Tak Sinkron dan Ingin Ekspor Beras ke China”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan di atas adalah konten yang menyesatkan.

==========

[REFERENSI]

[1]
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220627160350-92-814097/china-minta-25-juta-ton-beras-ri-hanya-bisa-beri-100-ribu-ton
[2]
https://youtu.be/zkre6DdtC2Q?si=R-Ny4e5zb9tfU7x7
[3] https://www.instagram.com/reel/C38QrXPyIyu/?igsh=M2Z5dWk0OHNwdHZm