[SALAH] Permen Yupi Dari Kulit Babi

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Hoaks lama bersemi kembali. Direktur Marketing dan Sales PT Yupi Indo Jelly Gum, Juliwati Husman menegaskan, kabar tersebut adalah kabar bohong (hoaks) yang tidak berdasar.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten yang menyesatkan

Beredar sebuah video pada unggahan cerita WhatsApp yang memperlihatkan proses pembuatan permen bermerek Yupi yang diklaim terbuat dari kulit babi.

Sumber: WhatsApp
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan hoaks lama yang muncul kembali.

Pada tahun 2022, informasi serupa beredar di media sosial dan cukup membuat heboh masyarakat dikarenakan permen Yupi ini merupakan salah satu permen yang sangat diminati oleh kalangan anak kecil.

Mengutip website resmi LPPOM MUI, Perusahaan PT. YUPI INDO JELLY GUM telah mendapatkan Ketetapan Halal MUI sejak tahun 2012.

Dilansir dari Kompas.com yang diunggah pada tahun 2022, Direktur Marketing dan Sales PT Yupi Indo Jelly Gum, Juliwati Husman menegaskan, kabar tersebut adalah kabar bohong (hoaks) yang tidak berdasar. Kabar ini memang sudah pernah menyerang perusahaan pada tahun 2016 lalu. Sebagai perusahaan yang sudah berdiri lebih dari 25 tahun, manajemen mengaku sudah belajar banyak dari pengalaman produksinya.

“Jadi berita ini tentunya tidak berdasar dan kami sebut ini adalah hoaks. Ini menimbulkan banyak pertanyaan dan kegelisahan di masyarakat dan konsumen-konsumen Yupi yang meminta kami untuk memberikan klarifikasi, bahwa berita tersebut tidak benar,” kata Juliwati dalam konferensi pers, Kamis (3/2/2022).

Referensi:
https://halalmui.org/lppom-mui-dan-perusahaan-bersertifikat-halal-sukses-gelar-gpd-2019/
https://kumparan.com/kumparanfood/penjelasan-lppom-mui-soal-isu-permen-yupi-yang-mengandung-gelatin-babi-1xTlX8E2nSN/2
https://turnbackhoax.id/2022/01/15/salah-permen-yupi-mengandung-babi/