[SALAH] Video “Jakarta Sengaja Dibikin Banjir agar Punya Alasan Pindah Ibu Kota”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya banjir hingga puluhan motor terendam dalam video tersebut berada di Desa Sidaresmi, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, bukan di Jakarta.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Instagram

https://perma.cc/X2CF-C69N

https://ghostarchive.org/archive/IEg7P

= = =

Narasi:

“Jakarta Sengaja Dibikin Banjir Agar Punya Alasan Kuat Untuk Pindah IBU KOTA ‘Kan Kasihan Penduduknya’”

“Sudahlah Kami Ga Bodoh Lagi!! Jakarta harus banjir agar IKN menjadi benar!”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Instagram dari akun @beritakita_id yang memperlihatkan banjir seperti di parkiran motor sehingga puluhan motor terendam banjir. Dalam video tersebut disematkan bahwa Jakarta sengaja dibikin banjir agar punya alasan kuat untuk pindah Ibu Kota. Selain itu akun Instagram @_gie.mix_ dalam postingannya menyebutkan hal senada bahwa Jakarta dibuat banjir untuk alasan IKN.

Namun klaim tersebut salah, faktanya video dari akun @beritakita_id tersebut berada di area pabrik sepatu dan sendal di Desa Sidaresmi, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, seperti yang dijelaskan oleh Instagram @mksinfo.official yang juga mengunggah video yang sama.

Dilansir dari Kompas.com, banjir di Kabupaten Cirebon telah merendam sebagian besar area pabrik termasuk kawasan parkir pegawai. Camat Pabedilan menjelaskan bahwa banjir disebabkan oleh debit air di Sungai Cisanggarung yang meningkat drastis setelah hujan deras berkepanjangan.

Menurut BMKG seperti yang dilansir oleh AntaraNews.com pada 1 Maret 2024, wilayah DKI Jakarta termasuk dalam bagian yang berpotensi mengalami dampak intensitas hujan seperti banjir selama 1-8 Maret 2024. Hal tersebut dipicu oleh aktivitas gelombang Rossby Ekuatorial hingga ditemukan juga aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) yang menjadi pemicu meningkatnya potensi bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Dengan begitu banjir di Jakarta merupakan dampak dari fenomena alam yang tidak ada kaitannya dengan kesengajaan agar menjadi alasan ibu kota pindah ke IKN.

Dengan demikian, video banjir di Jakarta yang dibuat dengan sengaja adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.instagram.com/reel/C4MiBIPP5su/  (Arsip: https://ghostarchive.org/archive/vEK0D)

https://bandung.kompas.com/read/2024/03/06/170300378/motor-para-pegawai-pabrik-di-cirebon-terendam-banjir-hanya-terlihat

https://www.antaranews.com/berita/3989877/bmkg-dki-jakarta-berpotensi-terdampak-hujan-ekstrem-sepekan-ke-depan

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-jakarta-sengaja-dibikin-banjir-agar-punya-alasan-pindah-ibu-kota

= = =