[SALAH] Alun-Alun Blora Ringsek Diterjang Angin Puting Beliung

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa bencana angin puting beliung telah menghancurkan alun-alun dan sebuah stadion di Blora merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “23 Rumah di Kecamatan Kedungtuban Blora Rusak Akibat Diterjang Puting Beliung”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/nNcugXJTMPA (YouTube)

=======

[NARASI]: “Ambruk… BLORA BERHAMBURAN,PUTING BELIUNG TERJANG ALUN ALUN BLORA HINGGA RINGSEK”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 pada 4 Maret 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa bencana angin puting beliung telah menerjang alun-alun Blora hingga ringsek. Dalam thumbnail video pun tertulis bahwa sebuah stadion ambruk akibat bencana tersebut.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Radar Bojonegoro berjudul “23 Rumah di Kecamatan Kedungtuban Blora Rusak Akibat Diterjang Puting Beliung”.

Sumber: Radar Bojonegoro

Artikel tersebut memberitakan mengenai bencana angin puting beliung yang kembali menerjang wilayah selatan Blora pada 26 Februari 2024.

Lebih lanjut, tercatat bahwa 23 rumah di Kecamatan Kedungtuban rusak dan kerugian material ditaksir mencapai Rp 178 juta. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bencanaalam294 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://radarbojonegoro.jawapos.com/peristiwa/714382071/23-rumah-di-kecamatan-kedungtuban-blora-rusak-akibat-diterjang-puting-beliung

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-alun-alun-blora-ringsek-diterjang-angin-puting-beliung