[SALAH] Prabowo Mengenakan Lencana Kepresidenan

Hasil periksa fakta Agnes A

Pin yang digunakan Prabowo bukanlah lencana kepresiden seperti yang digunakan Presiden Jokowi. Tanda jabatan Presiden dan Menteri memiliki perbedaan pada elemennya.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/archive/yiSnC (TikTok)

=====

[NARASI]: “Prabowo Mengenakan Lencana Kepresidenan”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun TikTok mengunggah video dengan klaim Prabowo Subianto mengenakan lencana kepresidenan seperti yang digunakan Presiden Joko Widodo. Akun tersebut mempertanyakan apakah Prabowo sudah dilantik menjadi presiden, sehingga dapat mengenakan lencana kepresidenan.

Setelah dilakukan penelusuran, menurut Peraturan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia No. 1/2016 tentang Tanda Jabatan Presiden, Wakil Presiden, Menteri, dan Pejabat Setingkat Menteri, pin yang dikenakan presiden/wakil presiden dan menteri/pejabat setingkat menteri berbeda.

Dari aturan tersebut tertulis, tanda Jabatan Presiden/Wakil Presiden terbuat dari bahan yang kuat, berwarna emas, dan berbentuk lingkaran yang terdiri dari unsur-unsur bintang, serta kapas dan padi.

Sedangkan tanda Jabatan Menteri/Pejabat Setingkat Menteri dibuat dari bahan yang kuat, dan berbentuk lingkaran yang terdiri dari unsur-unsur perisai dalam Lambang Negara, kapas dan padi, serta pita bertuliskan Nayaka.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa tanda jabatan atau lencana yang digunakan Presiden Jokowi dan Prabowo berbeda.

=====

[REFERENSI]:

https://www.merdeka.com/cek-fakta/viral-prabowo-pakai-pin-kepresidenan-seperti-jokowi-begini-faktanya-94116-mvk.html?screen=13

https://www.merdeka.com/peristiwa/sempat-viral-di-medsos-ini-perbedaan-pin-yang-dipakai-presiden-jokowi-dan-prabowo-94649-mvk.html?screen=5

https://turnbackhoax.id/2024/02/26/salah-prabowo-disematkan-pin-kepresidenan-sebelum-menjadi-presiden/