[SALAH] Banjir Bandang Hancurkan Puluhan Rumah di Jakarta

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa bencana banjir bandang dahsyat telah menghancurkan puluhan rumah di wilayah Jakarta merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “Siaga Banjir Rob di Pesisir Utara Jakarta”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/XwIuh_C7XdY (YouTube)

=======

[NARASI]: “Lenyap… JAKARTA TERTELAN BUMI,BANJIR BANDANG HANYUTKAN PULUHAN RUMAH HINGGA RINGSEK | BANJIR BANDANG KEMBALI HANYUTKAN PULUHAN RUMAH HINGGA MUSNAH SEKETIKA”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 pada 24 Februari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa bencana banjir bandang dahsyat telah menghanyutkan dan menghancurkan puluhan rumah di wilayah Jakarta.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Detik News berjudul “Siaga Banjir Rob di Pesisir Utara Jakarta”.

Sumber: Detik News

Artikel tersebut memberitakan mengenai potensi banjir pesisir (rob) di sembilan wilayah pesisir Utara Jakarta pada 19-23 Februari 2024.

Diketahui bahwa BPBD telah menyiagakan 267 personel tim reaksi cepat (TRC), menyiapkan lokasi pengungsian dan layanan kedaruratan 24 jam melalui Jakarta Siaga 112, serta berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk memonitor dan membantu masyarakat jika sewaktu-waktu banjir melanda.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bencanaalam294 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://news.detik.com/foto-news/d-7202345/siaga-banjir-rob-di-pesisir-utara-jakarta/8

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-banjir-bandang-hancurkan-puluhan-rumah-di-jakarta