[SALAH] Pemimpin Hamas Tertangkap Basah di Kamar Hotel dengan Seorang Wanita di Tengah Konflik Hamas-Gaza Saat Ini

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Video pemimpin Hamas, Abdel Rahim Abou Fanah yang tertangkap basah bersama PSK di kamar hotel terjadi pada tahun 2021, bukan baru-baru ini ketika konflik Hamas-Israel sedang memanas.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Twitter
https://web.archive.org/web/20240307015800/https://twitter.com/kyrixermis/status/1762554702699327692

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):
“Pemimpin Hamas dengan seorang wanita di hotel ketika Gaza sedang terbakar. Dia sedang melakukan jihad yang berbeda”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @kyrixermis mengunggah video yang diklaim sebagai pemimpin Hamas yang sedang tertangkap basah di kamar hotel bersama seorang wanita. Dari video tersebut terlihat bahwa kedua orang tersebut sedang setengah telanjang dan @kyrixermis menambahkan hal itu terjadi ketika Gaza saat ini sedang dihancurkan oleh Israel. Cuitan dan video yang diunggah pada 28 Februari 2024 tersebut telah disukai 1,400 orang, dikutip dan dibagikan ulang lebih dari 1,000 kali, serta telah dilihat lebih dari satu juta kali.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut salah. Video yang sama persis telah banyak beredar sejak 2021, salah satunya diunggah oleh kanal berita Global Watch Analysis pada 15 Juni 2021. Melansir dari artikel Global Watch Analysis tersebut, pemimpin Hamas yang ada di video itu adalah Abdel Rahim Abou Fanah yang tertangkap basah dengan seorang PSK di salah satu hotel di Israel.

Tidak hanya itu, kanal berita Timur Tengah bernama Aljarida24 juga memberitakan informasi serupa dengan menggunakan video yang sama. Berita tersebut ditulis pada 16 Juni 2021, yang setelah judulnya diterjemahkan ke Bahasa Inggris berbunyi: “A scandalous video that topples one of the most prominent Hamas leaders”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @kyrixermis merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-pemimpin-hamas-tertangkap-basah-di-kamar-hotel-dengan-seorang-wanita-di-tengah-konflik-hamas-gaza-saat-ini


https://global-watch-analysis.com/en/un-chef-du-hamas-filme-avec-une-prostituee-dans-hotel-israelien/


https://aljarida24.ma/p/actualites/149145/