[SALAH] Anies Baswedan Masuk Kristen Karena Politik

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, video yang memperlihatkan Anies Baswedan sedang berada di gereja dan menyebutkan bahwa Anies masuk Kristen tidaklah benar. Video yang sebenarnya adalah acara peresmian dua gereja oleh Anies Baswedan di Jakarta Utara.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten Menyesatkan

====
[SUMBER] Tiktok
https://ghostarchive.org/archive/WIyYc

====
[NARASI] “mana ustat Somat kok diam gk komen katanya haram masuk gereja. Anis masuk Kristen karna politik. Apapun di pakai asalkan menang”

====
[PENJELASAN]
Sebuah video beredar di Tiktok menerangkan bahwa Anies Baswedan masuk Kristen karena politik. Narator dalam video ini juga mengatakan bahwa Anies adalah contoh berpolitik yang melakukan apapun asal menang. Dalam video ini terlihat Anies sedang berada di sebuah gereja bersama orang-orang.

Setelah ditelusuri ternyata, video ini tidaklah benar. Video tersebut sama dengan yang diunggah di YouTube Warta Kota Production dan berjudul “Anies Baswedan Diklaim Bapak Kesetaraan Indonesia”. Dalam video tersebut, Anies sedang menghadiri acara peresmian dan penandatanganan prasasti di Jakarta Utara.

Selain itu, video tersebut juga mengarah pada artikel yang diunggah http://kumparan.com. Dalam artikel ini Anies Baswedan sedang meresmikan 2 gereja di Jakarta Utara yaitu Gereja Bethel Indonesia Jelambar Timur di Penjaringan dan Gereja Pantekosta di Indonesia Jemaat Yordan Gading Griya Lestari.

Dengan demikian, video yang mengklaim bahwa Anies Baswedan masuk agama Kristen tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://m.kumparan.com/kumparannews/anies-resmikan-2-gereja-di-jakut-setiap-pribadi-harus-mengamalkan-toleransi-1ymt3ff3pfQ/2

https://m.youtube.com/watch?v=N36brw8cTdw&pp=ygUiYW5pZXMgcmVzbWlrYW4gMiBnZXJlamEgdHJpYnVubmV3cw%3D%3D

https://turnbackhoax.id/2023/10/21/salah-gambar-anies-menjadi-pendeta-dan-sedang-memberikan-siraman-rohani/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-anies-baswedan-masuk-kristen-karena-politik