[SALAH] Kartu Pengisi Daya Ponsel

Hasil periksa fakta Agnes A

Informasi yang menyesatkan. Hingga saat ini, belum ditemukan teknologi pengisi daya cepat yang menggunakan kartu (charger card).

=====

[KATEGORI]: Konten Palsu

=====

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/archive/Lxq70 (TikTok)

=====

[NARASI]: “Charger Card, kok bisa #chargercard #samsung”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun di media sosial TikTok mengunggah video dengan klaim ada teknologi kartu pengisi daya untuk ponsel atau disebut charger card.

Pada video tersebut menampilkan daya baterai ponsel dapat bertambah dengan cepat setelah charger card ditempelkan. Setelah itu, ada indikator yang menunjukkan baterai kartu tersebut berkurang dan baterai ponsel bertambah dengan cepat.

Namun jika diamati, dalam video yang ditampilkan tidak menunjukkan bahwa kartu tersebut merupakan charger card. Kartu tersebut bertuliskan FOSIL atau Forum Studi Ilmiah Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut adalah informasi yang salah. Sebelumnya, klaim ini juga pernah beredar di media sosial.

Dikutip dari video unggahan kanal Youtube GadgetIn, video tersebut dijelaskan hal tersebut hanya sebuah trik sulap. Sampai saat ini belum ada kartu yang dapat mengisi daya ponsel dengan cepat.

=====

[REFERENSI]:

– https://turnbackhoax.id/2023/02/28/salah-charge-card-bisa-mengisi-baterai-smartphone-dengan-cepat/
– https://www.youtube.com/watch?v=uxjsdZsm4oQ
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-kartu-pengisi-daya-ponsel