[SALAH] Foto “Jika Para petani di Oecusse masih melakukan kegiatan tani di Naktuka, tentara Indonesia Akan mengikat mereka agar tidak bertani lagi.

Bukan di Distrik Otonomi Oecusse, Timor Leste. Foto itu adalah foto saat TNI berhasil menangkap 2 terduga penembak pesawat Wings Air dan menambak mati satu orang yang disebut anggota dari TPNPB OPM pada Kamis 22 Februari 2024 di di Kali Brasa, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Selangkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Kaer Kona (fb.com/juventudefretilinlutarparavencer) pada 24 Februari 2024 mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan dua tentara menangkap dua warga dengan narasi:

“Rai NAKTUKA Tama ona ba Indonesia Nia kontrolu, Laos ona Timor-Leste Nia kusta! Komunidade iha Oe-cussi atu ba halo Sira Nia TOS ho Natar iha Sira Nia rain NAKTUKA Terntara Indonesia sira kaer kesi Tia Sira atu Labele halo TOS iha NAKTUKA. Tamba Rai NAKTUKA Chefi Negosiador Fronteira Maritima e Terestre entrega Tia ona ba Indonesia. Tristi tebes hare fotografia Ida ne! Viva CNRT Viva Avo Nana”

Terjemahan: “Tanah Naktuka sudah masuh dalam bagian Indonesia atau sudah menjadi bagian dari Indonesia, jadi TL sudah tidak mempunyai Hak lagi! Jika Para petani di Oe-cussi masih melakukan kegiatan tani di Naktuka, tentara Indonesia Akan mengikat mereka agar tidak bertani lagi. Ketua negosiasi perbatasan sudah menyerah kepada Indonesia. Sedih melihat foto ini. Hidup CNRT Hidup Xanana”

Sumber: https://bit.ly/42R2nKG (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto dua tentara yang menangkap dua warga yang diklaim terjadi Distrik Otonomi Oecusse, Timor Leste merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, peristiwa di foto itu bukan terjadi di Distrik Otonomi Oecusse, Timor Leste. Foto itu adalah foto saat TNI berhasil menangkap 2 terduga penembak pesawat Wings Air dan menambak mati satu orang yang disebut anggota dari TPNPB OPM pada Kamis 22 Februari 2024 di di Kali Brasa, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Foto yang identik, salah satunya dimuat di artikel berjudul “TNI-Polri tembak mati dan tangkap KKB di Yahukimo” yang terbit di situs antaranews.com pada 23 Februari 2024. Dilansir dari artikel ini, Aparat gabungan TNI-Polri menembak mati seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan menangkap dua orang KKB lainnya di Kali Brasa, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno, Jumat (23/2/2024), menyebut penegakan hukum kepada KKB ini merupakan tindak lanjut dan respon gangguan penembakan pesawat Wings Air.

Sebagai informasi, Distrik Otonomi Oecusse (bahasa Portugis: Região Administrativa Especial Oé-Cusse Ambeno) juga dikenal sebagai Oecusse-Ambeno adalah sebuah eksklave, sekaligus distrik otonom yang ada di negara Timor Leste. Terletak di pantai utara bagian barat Timor, Oecusse dipisahkan dari wilayah Timor Leste lainnya oleh Timor Barat, Indonesia, yang merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Timor Barat mengelilingi Oecusse di semua sisi kecuali utara, dimana eksklave menghadap ke Laut Sawu. Ibu kota Oecusse adalah Pante Makasar atau sebelumnya di Timor Portugis disebut Vila Taveiro. Awalnya Ambeno adalah nama bekas distrik, sebelum digabung dengan wilayah Oecusse menjadi Oecusse-Ambeno.

REFERENSI
https://www.antaranews.com/video/3979230/tni-polri-tembak-mati-dan-tangkap-kkb-di-yahukimo
https://id.wikipedia.org/wiki/Oecusse-Ambeno

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo