[SALAH] “pkb berkoalisi sama indonesia maju”

Sampai dengan 22 Februari 2024, tidak ada pernyataan atau sumber resmi yang menyebut jika PKB berkoalisi dengan Indonesia Maju. Foto yang digunakan merupakan momen di mana Prabowo menyambangi DPP PKB pada 14 Oktober 2019.

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/ KONTEN YANG MENYESATKAN

===

SUMBER: TIKTOK

https://vt.tiktok.com/ZSFrU6vVb/

Arsip: https://archive.fo/Vd3Do 

===

NARASI: “pkb berkoalisi sama indonesia maju”

===

PENJELASAN: Beredar sebuah foto yang memperlihatkan pertemuan antara Muhaimin Iskandar dengan Prabowo Subianto. Foto tersebut diunggah bersamaan dengan narasi yang menyebut jika PKB tengah melakukan koalisi dengan Indonesia Maju. Foto diunggah oleh akun TikTok @prabowosubian02 pada 18 Februari 2024.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika foto tersebut tidak berkaitan dengan pemilu 2024 atau pun koalisi Indonesia Maju. Momen pertemuan antara Muhaimin Iskandar dengan Prabowo terjadi pada 14 Oktober 2019. Melansir dari cnbcindonesia.com pada pemeberitaan berjudul “Usai Temui Cak Imin, Prabowo: Hindari Perpecahan” yang terbit pada 14 Oktober 2019, pertemuan antara keduanya dilakukan dalam rangka menghindari terjadinya perpecahan.

“Kita harus menghindari perpecahan, apalagi yang mengarah ke fisik, harus kita hindari. Itu keyakinan saya, itu tekad saya, saya akan berjuang sekeras mungkin untuk kita selalu menghindari perpecahan. Karena itu saya sangat bahagia saya merasa dekat dengan PKB dari dulu,” ujar Prabowo di DPP PKB.

Berdasar seluruh referensi, unggahan akun @prabowosubian02 perihal PKB bergabung dengan koalisi Indonesia Maju adalah tidak benar. Unggahan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI:

https://www.cnbcindonesia.com/news/20191014210629-4-106973/usai-temui-cak-imin-prabowo-hindari-perpecahan
https://voi.id/berita/259635/saling-memberikan-informasi-gerindra-ungkap-prabowo-dan-cak-imin-bertemu-rabu-malam
https://www.antaranews.com/berita/1112532/prabowo-sebut-pkb-punya-peranan-penting-di-republik-ini