[SALAH] KPU Batalkan Pencalonan Gibran

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo).

Faktanya, video yang digunakan tidak membahas sama sekali terkait klaim pembatalan pencalonan Gibran sebagai Cawapres 02 pada Pemilu 2024. Video yang dilampirkan membahas mengenai hasil putusan sidang DKPP berupa Sanksi Peringatan Keras Terakhir kepada Komisioner KPU RI. 
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================

NARASI
KPU BATALKAN PENCALONAN GIBRAN #putusansidang #dkpp #kpuri #pilpres2024

Sumber:
https://www.tiktok.com/@oposisi.organisas5/video/7332136178516380934?_r=1&_t=8k5NTdMjEjH (https://archive.md/3uGVI arsip)


==========================

PENJELASAN:
Sebuah akun Tiktok dengan nama @oposisi.organisas5 mengunggah sebuah video pemberitaan terkait pembacaan putusan sidang DKPP terhadap KPU RI. Video tersebut diunggah dengan klaim narasi pembatalan pencalonan Gibran oleh KPU.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video identik dari kanal YouTube Metro TV yang diunggah pada 5 Februari 2024 dengan judul “Ketua KPU Terbukti Langgar Kode Etik”. Dalam video berdurasi 3 menit 44 detik itu, sama sekali tidak menyebutkan adanya klaim pembatalan pencalonan Gibran sebagai Cawapres 02 dalam Pemilu 2024.

Selain itu, putusan DKPP terhadap komisioner KPU yang dibacakan pada 5 Februari 2024 menyatakan bahwa Ketua KPU dan enam anggotanya telah melanggar beberapa pasal dalam Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu. Sehingga Ketua KPU beserta enam anggotanya menerima Sanksi Peringatan Keras Terakhir oleh DKPP.

Dengan demikian, klaim bahwa KPU melakukan pembatalan pencalonan Gibran sebagai Cawapres 02, tidak benar.


========================

REFERENSI:
(1) https://youtu.be/Ufsw3HYIdQY?si=ef6F4X1spqfuczvs
(2) https://www.google.com/amp/s/news.detik.com/pemilu/d-7177682/dkpp-jatuhkan-sanksi-peringatan-keras-ke-ketua-kpu-dkk-soal-pelaporan-etik/amp
(3) https://peraturan.go.id/id/peraturan-dkpp-no-2-tahun-2017
(4) https://www.hukumonline.com/berita/a/arti-sanksi-peringatan-keras-terakhir-dkpp-terhadap-komisoner-kpu-lt65c21700e59ae/?page=all
(5) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-kpu-batalkan-pencalonan-gibran