[SALAH] Video Pemuda Pancasila Tasikmalaya Demo KPU

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya tidak terkait Pemliu 2024, video yang digunakan merupakan cuplikan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh ratusan anggota Ormas Pemuda Pancasila Tasikmalaya di depan kantor leasing Mandiri Tunas Finance (MTF) pada 14 Desember 2023.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================

NARASI
Beredar sebuah video di Whatsapp yang menampilkan anggota Pemuda Pancasila sedang melakukan aksi demonstrasi. Video terserbut disebarkan dengan narasi sebagai berikut:

“SEGERA MENYUSUL DAERAH LAIN…AYO BERGERAK…. PEMUDA PANCASILA  PROTES di KPU TASIKMALAYA*.INI BARU TASIK .PERANG BERAWAL BERKOBAR DARI TASIK NANTI MENYUSUL KOTA2 LAIN PASTINYA, RAKYAT JABAR MENGGUGAT HASIL KECURANGAN PEMILU 2024 , SERENTAK  *KITA KAWAL DI KPUD2 DISETIAP KOTA/KABUPATEN DI SELURUH PROVINDSI DI NKRI”


==========================

PENJELASAN:
Sebuah video yang menampilkan anggota Pemuda Pancasila sedang melakukan aksi demonstrasi ramai disebarkan melalui platform Whatsapp. Video tersebut disebarkan dengan klaim merupakan aksi Pemuda Pancasila di Tasikmalaya baru-baru ini di depan kantor KPU terkait dengan Pemilu 2024.

Setelah dilakukan pemeriksaan manual dengan mengamati nama-nama gedung yang ada pada video, didapati empat petunjuk yang menggambarkan lokasi kejadian dalam video, yakni gedung:

1. Werisa (Werisa Shining Clinic)
2. Mandiri Tunas Finance
3. Cordella

Yang mana ketiga petunjuk tersebut berada di seputaran Jl. Yudanegara nomor 26 https://maps.app.goo.gl/sZbqQz1Q4Y4fi7XY8

Untuk memastikan hal tersebut, penelusuran manual melalui Facebook dilakukan juga dengan menuliskan kata kunci “Pemuda Pancasila Tasikmalaya demo” dan menemukan unggahan akun dengan nama Bung Dapa pada 18 Desember 2023 dengan latar lokasi yang sama (https://www.facebook.com/share/p/Ks1aKAyEQ7EJHURo/?mibextid=oFDknk)

Unggahan tersebut menyebutkan petunjuk lain bahwa Pemuda Pancasila Tasikmalaya melakukan aksi demonstrasi kepada DC (Debt Collector).

Dari kedua petunjuk yang sudah ditemukan, dilakukan pencarian berita yang relevan menggunakan tool search google dengan kata kunci “Demo Pemuda Pancasila Tasikmalaya Debt Collector Jl Yudanegara” sehingga didapati berita yang diunggah di situs kabar.singaparna.com pada 22 Desember 2023 dengan judul “Alasan Ormas Pemuda Pancasila Geruduk Kantor Leasing di Jl. Yudanegara Tasikmalaya”, berita di situsaspirasijabar.net yang diunggah pada 15 Desember 2023 dengan judul “Debt Collector Resahkan Warga, MPC PP Kabupaten Tasikmalaya Desak APH Untuk Bertindak Tegas”.
Selain itu, ditemukan pula berita di kanal YouTube Pewarta 66 News dengan judul “AKSI DEMO PEMUDA PANCASILA KABUPATEN TASIKMALAYA II BREAKING NEWS” yang diunggah pada 15 Desember 2023.

Ketiga referensi tersebut memperkuat fakta bahwa video yang digunakan merupakan cuplikan aksi demonstrasi Pemuda Pancasila di Tasikmalaya terkait adanya Debt Collector yang dianggap meresahkan warga karena melakukan perampasan terhadap kendaraan warga.
Dengan demikian, klaim pada narasi yang beredar bahwa video tersebut merupakan aksi demo Pemuda Pancasila di depan gedung KPU baru-baru ini, tidak benar.


=======================

REFERENSI:
(1) https://kabarsingaparna.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-3237503986/alasan-ormas-pemuda-pancasila-geruduk-kantor-leasing-di-jl-yudanegara-tasikmalaya
(2) https://www.aspirasijabar.net/2023/12/debt-collector-resahkan-wargampc-pp.html?m=1
(3) https://www.youtube.com/watch?v=bvnOPhQ8q1Y
(4) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-pemuda-pancasila-tasikmalaya-demo-kpu