[SALAH] Pemuda Pancasila Bersama Anies

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo).

Faktanya, tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2024. Video yang digunakan merupakan cuplikan longmarch Pemuda Pancasila saat demo di depan PT. TB INA pada 27 Juli 2023.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================

NARASI
Beredar sebuah video di Whatsapp yang menampilkan anggota Pemuda Pancasila sedang melakukan longmarch. Video tersebut disebarkan dengan narasi sebagai berikut:

“Pemuda Pancasila Bersama Anies”


==========================

PENJELASAN:
Sebuah video yang menampilkan anggota Pemuda Pancasila sedang melakukan longmarch, ramai disebarkan di platform Whatsapp. Video tersebut disebarkan dengan klaim narasi pemuda Pancasila bersama Anies.

Setelah dilakukan penelusuran video yang identik menggunakan tool Google Lens, ditemukan berita dengan latar gambar serupa dengan yang ada pada video.  Berita tersebut dimuat di situs patrolinusantara.com dengan judul “Ribuan Massa Organisasi Pemuda Pancasila Kab Bekasi Gelar Aksi Damai di Depan PT. TB INA yang diunggah pada 27 Juli 2023.

Selain itu, pencarian manual di facebook menggunakan kata kunci “Demo Pemuda Pancasila PT TB INA” didapati video yang diunggah oleh akun dengan nama Roy Aldi dan diunggah pada 27 Juli 2023 dengan narasi sebagai berikut:

“Ribuan masa pemuda pancasila kab.bekasi gelar aksi damai di depan PT.TB INA kawasan industri mm2100”
Dengan demikian, klaim pada video yang beredar terkait dukungan Pemuda Pancasila kepada AMIN dalam Pemilu 2024, tidak benar.


========================

REFERENSI:
(1)    https://patrolinusantara.press/ribuan-massa-organisasi-pemuda-pancasila-kab-bekasi-gelar-aksi-damai-di-depan-pt-tbina/
(2)    https://www.facebook.com/share/v/AfeUVKqDs1NUXAwV/?mibextid=oFDknk
(3) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-pemuda-pancasila-bersama-anies