[SALAH] Jokowi Dilengserkan Mahasiswa!! BEM Demo menginap di depan gedung DPR MPR

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, video yang digunakan bukan demonstrasi mahasiswa untuk melengserkan Jokowi, melainkan video demonstrasi mahasiswa terkait isu Reformasi Dikorupsi pada 19 September 2019 di depan gedung DPR RI.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================

NARASI
Beredar sebuah video yang diunggah oleh akun Tiktok @oscardanysusanto yang menampilkan aksi demonstrasi mahasiswa dengan latar waktu malam hari. Video tersebut diunggah dengan narasi sebagai berikut:

“Jokowi Dilengserkan Mahasiswa!! BEM Demo menginap di depan gedung DPR MPR”
Sumber: https://vt.tiktok.com/ZSFMF3KKo/ (https://archive.md/ajs40 arsip)


==========================

PENJELASAN:
Akun Tiktok @oscardanysusanto mengunggah sebuah video yang menampilkan aksi demonstrasi mahasiswa dengan latar waktu malam hari. Video tersebut diunggah dengan klaim aksi demonstrasi mahasiswa di depan kantor MPR-DPR RI untuk menuntut pemakzulan Jokowi.

Dalam video tersebut terlihat mahasiswa membentangkan spanduk di sebuah gerbang dengan tulisan “Gedung ini disita mahasiswa” dan “KPK Wafat”.
Penelusuran dengan mencari gambar identik menggunakan tool Google Lens mendapati sebuah berita pada situs berita suara.co dengan berita berjudul “Sita Gedung DPR, Mahasiswa Bertahan untuk Batalkan UU KPK Baru dan RUU KUHP” yang diunggah pada 19 September 2019.

Didapati juga gambar identik dari situs berita Tirto.id dengan judul “Kawal RUU Bermasalah, Mahasiswa Siap Aksi Lanjutan” yang diunggah pada 19 September 2019.

Diketahui pada 19 September 2019 para mahasiswa, pelajar, dan jurnalis Indonesia melakukan aksi demonstrasi yang digelar di Kompleks Parlemen MPR, DPR, dan DPD RI untuk mendesak pemerintah membatalkan revisi UU KPK, menunda pengesahan RKUHP, segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, dan beberapa tuntutan lainnya.

Dengan demikian, klaim pada narasi yang beredar bahwa video yang digunakan merupakan aksi demonstrasi mahasiswa di depan gedung MPR dan DPR RI untuk menuntut pemakzulan Jokowi, tidak benar.


========================

REFERENSI:
(1) https://www.suara.com/news/2019/09/19/200759/sita-gedung-dpr-mahasiswa-bertahan-untuk-batalkan-uu-kpk-baru-dan-ruu-kuhp?page=all
(2) https://tirto.id/kawal-ruu-bermasalah-mahasiswa-siap-aksi-lanjutan-einU
(3) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-jokowi-dilengserkan-mahasiswa-bem-demo-menginap-di-depan-gedung-dpr-mpr