[SALAH] Tangkapan Layar Berita Detik “Putin Ucapkan Selamat ke AMIN, Yakin Kerja Sama Rusia-RI Terus Maju”

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, tangkapan layar yang beredar merupakan hasil suntingan dari berita di situs detik.com berjudul “Putin Ucapkan Selamat ke Prabowo, Yakin Kerja Sama Rusia-RI Terus Maju” yang ditulis oleh Wilda Hayatun Nufus dan diunggah pada 16 Februari 2024.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI
Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.
==========================

NARASI
Beredar sebuah tangkapan layar yang diunggah oleh akun Tiktok @willy.nahampun https://vt.tiktok.com/ZSF6a4fev/ (https://archive.md/f7EOK arsip) pada 18 Februari 2024.

Tangkapan layar tersebut menampilkan judul berita di situs detik.com dengan judul “Putin Ucapkan Selamat ke AMIN, Yakin Kerja Sana Rusia-RI Terus Maju”

Tangkapan layar tersebut diunggah dengan narasi:

“Thanks You Putin,
Sebelah jangan panas #anisrasyidbaswedan #anisbaswedan #cakimin”


==========================

PENJELASAN:
Beredar sebuah tangkapan layar yang diunggah oleh akun Tiktok @willy.nahampun pada 18 Februari 2024 yang menampilkan judul berita dari situs detik.com.

Tangkapan layar tersebut diunggah dengan judul ucapan Presiden Rusia, Vladimir Putin, kepada AMIN.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta bahwa tangkapan layar tersebut merupakan hasil suntingan dari berita di situs Detik.com berjudul “Putin Ucapkan Selamat ke Prabowo, Yakin Kerja Sama Rusia-RI Terus Maju” yang ditulis oleh Wilda Hayatun Nufus dan diunggah pada 16 Februari 2024.

Dengan demikian, klaim yang beredar mengenai ucapan Putin kepada AMIN sebagaimana tangkapan layar yang beredar, tidak benar.


========================

REFERENSI:
(1)     https://news.detik.com/internasional/d-7197544/putin-ucapkan-selamat-ke-prabowo-yakin-kerja-sama-rusia-ri-terus-maju

(2) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-tangkapan-layar-berita-detik-putin-ucapkan-selamat-ke-amin-yakin-kerja-sama-rusia-ri-terus-maju