[SALAH] Ternyata Semua Kesalahan Hitungan Suara, Anies Akhirnya Unggul Saat Ini

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, video yang digunakan bersumber dari video pembacaan berita di kanal Youtube Merdekadotcom yang berjudul “Quick Count Indikator di DKI Suara 30,04%: Anies Melesat 43,41% Dipepet Ketat Prabowo” yang diunggah pada 14  Februari 2024. Video yang digunakan tidak menyebutkan adanya klaim kesalahan perhitungan suara sebagaimana narasi yang beredar.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================

NARASI
Beredar sebuah video yang diunggah oleh akun Tiktok @willy.nahampun https://www.tiktok.com/@willy.nahampun/video/7336876094781426949?_r=1&_t=8jzBhPfI5n0 (arsip https://archive.md/98ElQ) pada 18 Februari 2024 yang menampilkan cuplikan video pembacaan berita dari kanal YouTube Merdekadotcom dan diunggah dengan narasi sebagai berikut:

“Ternyata Semua Kesalahan Hitungan Suara, Anies Akhirnya Unggul Saat Ini”


==========================

PENJELASAN:
Beredar sebuah video yang diunggah oleh akun Tiktok @willy.nahampun pada 18 Februari 2024 yang menampilkan pembacaan berita yang bersumber dari kanal YouTube Merdekadotcom. Video tersebut diunggah dengan klaim sebagai bukti kesalahan perhitungan suara oleh KPU. 

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta bahwa video yang digunakan merupakan video yang bersumber dari berita di kanal YouTube Merdekadotcom yang berjudul “Quick Count Indikator di DKI Suara 30,04%: Anies Melesat 43,41% Dipepet Ketat Prabowo”. Video tersebut diunggah pada 14  Februari 2024.

Quick Count yang ditampilkan merupakan hasil perolehan suara di wilayah Provinsi DKI Jakarta dari Lembaga Survei Indikator Politik.

Pada menit ke 0.40, Luluk Handayani memaparkan data survei Quick Count DKI Jakarta yang masuk ke Leembaga Survei Indikator Politik sebesar 33,04 persen. Secara keseluruhan, Anies Muhaimin unggul dengan memperoleh 43,41 persen, Prabowo-Gibran 40,38 persen, dan Ganjar-Mahfud 16,22 persen.

Dengan demikian, klaim bahwa terjadi kesalahan perhitungan suara dan Anies-Muhaimin (AMIN) unggul saat ini, tidak benar. Video yang digunakan tidak menyebutkan adanya klaim tersebut.


========================

REFERENSI:
(1)    https://www.youtube.com/watch?v=zGG6Vt6Y4wU
(2) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ternyata-semua-kesalahan-hitungan-suara-anies-akhirnya-unggul-saat-ini