[SALAH] Bala Bantuan Muslim Cyber Army untuk Kemenangan AMIN

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, video yang digunakan merupakan video parodi yang diunggah oleh akun Instagram @Cyber_Tech_Society pada 9 Februari 2024 dan tidak berkaitan dengan Pemilu 2024 di Indonesia.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================

NARASI
Beredar sebuah video melalui Whatsapp yang menampilkan puluhan orang bertopeng anonymous sedang duduk menghadap layar PC. Video tersebut disebarkan dengan narasi sebagai berikut:

“Harap tenang semuanya KITA Lagi bekerja……Melacak keakuratan data Alhamdulillah Umat Islam Indonesia & Dunia, dapat “Bala Bantuan” yang bayarannya Hanya mendapat Ridho Allah SWT…. Sbntar lagi bom akan meledak…,   Waow…,. Keren Alhamdulillah MCA ( Muslim Cyber Army ) turun tangan ,jadi yaqin ana & insya allah AMIN menang di SATU PUTARAN Allahu Akbar !!!”


==========================

PENJELASAN:
Beredar sebuah video di Whatsapp yang menampilkan puluhan orang bertopeng anonymous sedang duduk menghadap layar PC. Video tersebut disebarkan dengan klaim narasi sebagai bala bantuan dari Muslim Cyber Army (MCA) untuk memenangkan AMIN pada kontestasi Pemilu 2024.

Setelah dilakukan penelusuran video identik menggunakan tool Google Lens, ditemukan sebuah unggahan oleh akun Instagram @Cyber_Tech_Society pada 9 Februari 2024.
Video yang diunggah oleh Instagram @Cyber_Tech_Society tersebut merupakan video parodi dan promosi jasa kursus keamanan siber.

Dengan demikian, klaim pada video yang beredar terkait bala bantuan dari MCA untuk kemenangan AMIN, tidak benar. Video tersebut tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2024 di Indonesia.


========================

REFERENSI:
(1) https://www.instagram.com/reel/C3IW23dP6tQ/?igsh=aXdrcmZqZ2x3MHc0
(2) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-bala-bantuan-muslim-cyber-army-untuk-kemenangan-amin