[SALAH] JENDERAL INGGRIS, ALEXANDER EMMANUEL, MATI TERBUNUH SAAT PERANG DI GAZA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, foto di dalam unggahan tersebut bukan foto dari Jenderal Alexander Emmanuel, melainkan foto dari Kopral John Horn. Selain itu, sampai saat ini tidak ada informasi resmi yang menunjukkan bahwa Inggris turut terlibat dalam peperangan yang terjadi di Gaza, antara Palestina dan Israel.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]:
https://archive.fo/oyfTQ

=====
[NARASI]:

“BREAKING NEWS Major shock in #London and Tel Aviv  #British General Alexander Emmanuel, leader of the “Claw” battalion participating in the Gaza war, is killed. Alexander was a hero of the Iraq war and a member of the battalion that captured President Saddam Hussein. #LondonTelAvivShock #MilitaryNews”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar unggahan melalui media sosial X, sebuah informasi yang menyebutkan bahwa Jenderal Inggris, Alexander Emmanuel, yang juga merupakan pemimpin batalyon “Claw”, terbunuh saat mengikuti perang di Gaza, Palestina. Selain itu akun @SilentlySirs ini juga menyebutkan bahwa Alexander Emmanuel merupakan seorang pahlawan perang Irak serta anggota batalyon yang berhasil menangkap Presiden Saddam Hussein.

Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, ditemukan fakta yang menunjukkan bahwa foto serta informasi mengenai Jenderal Alexander Emmanuel ini merupakan sebuah informasi yang tidak benar. Melansir dari artikel media Fullfact.org, foto yang tersebar di media sosial tersebut ternyata foto dari Kopral John Horn, yang diambil pada tahun 2008 di Jerman. Di dalam foto aslinya yang dibagikan oleh laman Alamy.com, ditambahkan pula keterangan sebagai berikut,

“Corporal John Horn, an operator on a challenger tank from the Royal Scots Dragoon Guards, with Fiance Laura Mcgee at the Wessex Barracks in Bad Fallingbostel, Germany, after returning from Iraq.
(Kopral John Horn, operator tank penantang dari Royal Scots Dragoon Guards, bersama Tunangan Laura Mcgee di Barak Wessex, Bad Fallingbostel, Jerman, setelah kembali dari Irak)”

Selain klaim terhadap foto yang salah, informasi yang menyebutkan bahwa tentara Inggris turut berpartisipasi dalam perang di Gaza juga merupakan informasi yang tidak berdasar. Sampai saat ini, tidak ada bukti adanya anggota Angkatan Bersenjata Inggris yang terlibat dalam pertempuran sebagai bagian dari konflik Israel-Gaza yang sedang berlangsung.

Jadi dapat disimpulkan, foto serta informasi yang menyebutkan bahwa Jenderal Alexander Emmanuel terbunuh saat perang di Gaza, merupakan sebuah informasi yang keliru dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://fullfact.org/online/fake-claim-british-general-killed-in-gaza/

https://www.alamy.com/stock-photo-corporal-john-horn-an-operator-on-a-challenger-tank-from-the-royal-110261542.html?irclickid=zE6U4OTo-

=====

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-jenderal-inggris-alexander-emmanuel-mati-terbunuh-saat-perang-di-gaza