[SALAH] FOTO USAMA BIN LADEN BERSAMA GEORGE W. BUSH DAN KEMENTERIAN PERTAHANAN AMERIKA SERIKAT

Hasil Periksa Fakta Gabriel Nauli Sinaga

Faktanya foto tersebut merupakan hasil editan. Di dalam foto aslinya, wajah Usama Bin Laden merupakan wajah dari Wakil Menteri Pertahanan, Paul Wolfowitz.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten Manipulasi

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.fo/SXGuG

=====
[NARASI]:

“Familiar faces. I wonder when Osama Bin Laden, Donald Rumsfeld, Dick Cheney, George W. Bush and Condoleeza Rice were all in the same room for this photo.?  Before 9/11 or after?  Probably before since Bin Laden was holed up in a cave somewhere in Afghanistan after the attack,,,,,,,,,,,,,,or was he?”
(Wajah yang familiar.  Saya bertanya-tanya kapan Osama Bin Laden, Donald Rumsfeld, Dick Cheney, George W. Bush dan Condoleeza Rice berada di ruangan yang sama untuk foto ini.?  Sebelum 9/11 atau sesudahnya?  Mungkin sebelumnya sejak Bin Laden bersembunyi di sebuah gua di suatu tempat di Afganistan setelah serangan itu,,,,,,,,,,,,,,, atau benarkah?”)

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah foto beredar melalui media sosial Facebook yang menampilkan beberapa tokoh penting diantaranya, Usama Bin Laden, Donald Rumsfeld, Dick Cheney, George W. Bush, dan Condoleeza Rice, yang tampak sedang berada pada sebuah meja yang sama. Klaim di dalam unggahan foto oleh akun bernama Dan Franklin ini juga turut menyertakan pertanyaan tentang kapan pertemuan ini berlangsung, serta pertanyaan spekulasi tentang kaitan Usama Bin Laden dengan peristiwa 9/11 di Amerika.

Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai foto ini, didapati sebuah artikel periksa fakta dari media internasional, Reuters.com. Di dalam artikel yang diunggah pada 19 Januari 2024 dengan judul, “Fact Check: Image of George W. Bush and Osama bin Laden seated at table digitally altered”, Reuters mengungkapkan bahwa foto yang beredar tersebut telah diedit.

Foto asli dapat dilihat pada website resmi Kementerian Pertahanan Amerika Serikat yang diunggah pada tahun 2001. Jika membandingkan pada foto aslinya, dapat dilihat bahwa foto Wakil Menteri Pertahanan, Paul Wolfowitz, telah diedit dan diganti dengan foto dari Usama Bin Laden.

Sementara melansir dari website resmi Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, foto tersebut diambil saat Menteri Pertahanan, Donald H. Rumsfeld (kedua dari kiri) memperkenalkan anggota stafnya kepada Presiden George W. Bush pada pertemuan Pentagon mereka pada 12 September 2001. Berlawanan arah jarum jam dari Rumsfeld ada Wakil Menteri Pertahanan Paul Wolfowitz, Menteri Angkatan Darat Thomas E  White, Sekretaris Angkatan Udara James Roche, Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Henry H. Shelton, Angkatan Darat AS, Sekretaris Angkatan Laut Gordon England, Kepala Staf Gedung Putih Andrew Card, dan Penasihat Keamanan Nasional Condoleeza Rice.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan tentang foto dari Usama Bin Laden, Donald Rumsfeld, Dick Cheney, George W. Bush, dan Condoleeza Rice, yang tampak sedang berada pada sebuah meja yang sama, merupakan sebuah klaim yang salah, sehingga termasuk ke dalam kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

=====
[REFERENSI]:

https://www.reuters.com/fact-check/image-george-w-bush-osama-bin-laden-seated-table-digitally-altered-2024-01-19/

https://dod.defense.gov/OIR/gallery/igphoto/2001240202/

=====

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02AtKsQotZ2n83YHo4Uqs14dYKrRifdN6JumXASgaMzYNp7YGp4f2YoLZhPpQXCSpWl&id=100042804034928&mibextid=Nif5oz


https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-usama-bin-laden-bersama-george-w-bush-dan-kementerian-pertahanan-amerika-serikat