[SALAH] “Sinyal Dukung Ganjar! Tiga Menteri Andalan Jokowi Kompak Salam Metal Tiga Jari”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Foto tersebut sudah terpublikasi di akun Instagram Sri Mulyani pada 12 Desember 2022, jauh sebelum penetapan nomor urut Calon Presiden pada Pemilu 2024, adapun penetapan nomor urut Capres diselenggarakan KPU RI pada 14 November 2023. Konteks di balik foto tersebut berbeda dengan klaim yang beredar.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/XmBML

Screenshot: https://bit.ly/47QurP4

= = =

Narasi:

“Sinyal Dukung Ganjar! Tiga Menteri Andalan Jokowi Kompak Salam Metal Tiga Jari

Geger, Tiga menteri kabinet andalan Presiden Jokowi kompak beri kode salam metal tiga jari, disambut senang publik. (17/1). Tiga menteri andalan Jokowi bikin geger. Mereka kompak beri kode salam metal tiga jari. Foto diunggah Politisi PDI Perjuangan Deddy Sitorus via (X), pada 16 Januari lalu…”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan di Facebook mengklaim bahwa Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basuki Hadimoeljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan salam tiga jari sebagai bentuk dukungan pada pasangan calon presiden nomor urut 3.

Namun faktanya klaim tersebut di luar dari konteks yang sebenarnya. Foto tersebut sudah lama terpublikasi melalui Instagram Sri Mulyani pada 12 Desember 2022, foto tersebut diambil pada saat pesta pernikahan Kaesang-Erina. Dalam captionnya Sri Mulyani menyebut bahwa foto tersebut adalah foto bersama dari personil Elekyo-Band.

Sri Mulyani menceritakan bahwa salam metal tersebut dilakukan atas instruksi dari Menteri Perhubungan Budi Karya yang menyukai lagu pop-romantis, sedangkan Menteri PUPR Basuki suka mengiringi lagu rock, dan Sri Mulyani sendiri menyukai selera keduanya. Sehingga salam metal tersebut pantas dilakukan oleh ketiga personil Elekyo-Band yang bertemu di Puri Mangkunegaran, Surakarta.

Penetapan nomor urut calon presiden untuk pemilu 2024 dilakukan oleh KPU RI pada 14 November 2023, sehingga konteks cerita dibalik foto ketiga menteri tersebut tidak ada kaitannya dengan sinyal dukungan terhadap Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Dengan demikian, tiga menteri salam tiga jari sebagai sinyal dukung Ganjar adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CmDtxpMpTUh/?img_index=1  (arsip: https://ghostarchive.org/iarchive/s/instagram/CmDtxpMpTUh)

https://www.kpu.go.id/berita/baca/12088/kpu-gelar-pengundian-dan-penetapan-nomor-urut-pasangan-calon-presiden-dan-wakil-presiden-pemilu-2024

https://economy.okezone.com/read/2022/12/12/320/2725543/elekyo-band-di-pernikahan-kaesang-erina-sri-mulyani-salam-metal

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-sinyal-dukung-ganjar-tiga-menteri-andalan-jokowi-kompak-salam-metal-tiga-jari

= = =

Lanjutan narasi:

“…Kode tiga jari atau salam metal merujuk pada Paslon nomor tiga Ganjar dan Mahfud MD. Para menteri berpose penuh percaya diri meski beda pilihan dengan sang Presiden. Mereka adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basuki Hadimoeljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Belum diketahui. Konteks para menteri kompak beri kode salam metal tiga jari di tengah kontestasi politik jelang pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang. Tapi yang pasti. Beredarnya foto menteri andalan Jokowi kompak beri kode salam metal tiga jari, membangun harapan publik.

Publik menilai di tengah sikap beberapa menteri vulgar dukung Paslon 02, ternyata menteri andalan Jokowi justru dukung Paslon 03. Spekulasi berkembang sebut, sikap tiga orang menteri kompak beri salam metal adalah cermin suasana bathin kurang nyaman para menteri. Bahkan spekulasi lain menduga. Tiga menteri andalan Jokowi berencana akan mengundurkan diri dalam waktu dekat”

===