[SALAH] Beberapa Jenis Vaksin Memiliki Efek Samping Meningitis

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Institute of Vaccine Safety di Johns Hopkins School of Public Health menyebut bahwa Meningitis dari efek samping KIPI pada beberapa vaksin tersebut adalah tidak benar.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Instagram

https://ghostarchive.org/iarchive/instagram/faithful_free_momma/3281249500768212948

= = =

Narasi:

“Worried about meningitis? Meningitis is listed as a possible adverse reaction on the package insrtes for Engerix-B (Hep B), FluMist, MMR-II, Pentacel (DTaP-IPV-Hib), ProQuad (MMRV) Twinrix (Hep A & B), Varivax (Chickenpox).

I feel so many get nervous around meningitis, but did you know it’s actually listed on the inserts of some :syringe::flushed:”

Terjemahan:

“Khawatir dengan meningitis? Meningitis terdaftar sebagai kemungkinan reaksi merugikan pada paket yang disertakan pada Engerix-B (vaksin hepatitis B), FluMist, MMR-II, Pentacel (Vaksin DTaP-IPV-Hib Polio), ProQuad (vaksin Measles, Mumps, Rubella dan Varicella) Twinrix (vaksin kombo Hepatitis A & B), Varivax (vaksin cacar air).

Saya merasa begitu banyak orang yang merasa gugup saat menghadapi meningitis, tapi tahukah Anda bahwa penyakit ini sebenarnya tercantum dalam beberapa suntikan :syringe::flushed:”

= = =

Penjelasan:

Beredar informasi di Instagram bahwa ‘adverse reaction’ atau dalam bahasa Indonesia sering diistilahkan dengan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) dari beberapa jenis vaksin yang disuntikkan, seperti Engerix-B untuk vaksin hepatitis B, ProQuad untuk vaksin Measles, Mumps, Rubella dan Varicella, hingga Varivax untuk vaksin cacar air dilaporkan dapat menyebabkan Meningitis.

Melalui Kompas.com, KIPI di Amerika Serikat dilaporkan ke FDA (Badan Makanan dan Obat AS), adapun laporan KIPI tersebut dapat dilihat di situs Vaccine Adverse Event Reporting System (VAERS), namun laporan ini tanpa disertai dengan bukti dokumentasi untuk verifikasi. Sehingga KIPI terkait Meningitis dari beberapa vaksin tersebut belum tentu benar adanya.

FDA menjelaskan bahwa KIPI bisa saja terjadi oleh vaksin atau tidak, kejadian ikutan tersebut diperlukan penyelidikan lebih lanjut. Dilansir dari LeadStories.com, bahwa laporan terkait kejadian ikutan Meningitis dalam daftar laporan VAERS adalah yang paling rendah. Institute of Vaccine Safety di Johns Hopkins School of Public Health melalui LeadStories menyebut klaim yang dikaitkan dengan beberapa jenis vaksin tersebut tidak benar.

Dengan demikian, beberapa vaksin menyebabkan Meningitis adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-beberapa-jenis-vaksin-memiliki-efek-samping-meningitis

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/01/19/183600982/disinformasi-meningitis-bukan-efek-samping-vaksinasi?page=all#page2

https://leadstories.com/hoax-alert/2024/01/fact-check-meningitis-is-not-confirmed-common-side-effect-of-seven-vaccines.html

= = =