[SALAH] Gibran Ngaku Dirinya Hanya Lulusan SMK Dan Minta Maaf Depan Media

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Gibran ngaku dirinya hanya lulusan SMK adalah konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706274605.66162/index.html

====
[NARASI]: “GEGER PAGI INI || GIBRAN BUKA MULUT NGAKU DIRINYA HANYA LULUSAN SMK & DAN MINTA MAAF DEPAN MEDIA”

====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Saluran Politik” mengunggah video dengan klaim bahwa MK putuskan Gibran gagal nyapres karena hanya lulus SMK. Faktanya tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Narasi dalam video tersebut identik dari artikel kompas.com yang berjudul “Gibran Dinilai Tak Pantas Jadi Cawapres, TKN Prabowo-Gibran: Terima Kasih Masukannya”. Artikel asli tersebut membahas respon Ketua TKN Prabowo-Gibran atas masukan-masukan dari masyarakat.

Setelah ditelusuri tidak ada bukti kredibel terkait klaim dalam video. Narasi soal ijazah dan IPK Gibran berawal dari cuitan dr Tifa yang menyebut Gibran tidak pernah kuliah S1 di University of Technology Sydney (UTS) Insearch Sydney, Australia. Dilansir dari rri.co.id, Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku tidak mempermasalahkan tuduhan-tuduhan lulusan SMA/ SMK yang ditujukan padanya tersebut. Dirinya langsung menunjukkan ijazah aslinya namun tidak boleh direkam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan video tersebut merupakan konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.rri.co.id/lain-lain/450288/dr-tifa-ragukan-ijazah-gibran-responnya-dianggap-lelucon
[2]
https://nasional.kompas.com/read/2023/11/06/20414471/gibran-dinilai-tak-pantas-jadi-cawapres-tkn-prabowo-gibran-terima-kasih?page=all
[3] https://turnbackhoax.id/2023/11/29/salah-gibran-mengaku-hanya-lulusan-smk-dan-minta-maaf-depan-media/
[4] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gibran-ngaku-dirinya-hanya-lulusan-smk-dan-minta-maaf-depan-media