[SALAH] Gelombang Tinggi 15 Meter Terjang 5 Wilayah

Hasil periksa fakta Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa gelombang setinggi 15 meter telah menerjang 5 wilayah dan menghanyutkan ribuan wisatawan merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang dua artikel yang tidak saling berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1706179201.972114/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “LIVE ; 5 WILAYAH MUSNAH SEKETIKA… GELOMBANG TINGGI 15 METER GULUNG RIBUAN WISATAWAN | 5 WILAYAH LENYAP, GELOMBANG TINGGI 15 METER MENGAMUK, RIBUAN NYAWA MELAYANG”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 pada 24 Januari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa 5 wilayah telah musnah seketika akibat diterjang gelombang setinggi 15 meter. Diketahui bahwa ribuan wisatawan juga menjadi korban dari bencana ini.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang dua artikel yang tidak saling berkaitan.

Pertama, artikel milik Metro TV News berjudul “Cuaca Ekstrem dan Gelombang Tinggi Diprakirakan Melanda Jateng”. Artikel tersebut memberitakan mengenai potensi cuaca ekstrem di daerah pegunungan dan gelombang tinggi di Perairan Laut Jawa yang diperkirakan terjadi pada 22 Januari 2024.

Sumber: Metro TV News

Kedua, artikel milik IDN Times Jogja berjudul “Waspada Gelombang Tinggi, Nelayan di DIY Diminta Tak Melaut”. Dalam artikel diberitakan mengenai himbauan BPBD DIY agar nelayan mewaspadai gelombang tinggi di Laut Selatan Yogyakarta dan menunda untuk melaut hingga tanggal 22 Januari 2024. Diketahui bahwa potensi cuaca ekstrem ini merupakan dampak dari Siklon Tropis Anggrek di Samudera Hindia.

Sumber: IDN Times Jogja

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bencanaalam294 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.metrotvnews.com/read/k8oC6eR8-cuaca-ekstrem-dan-gelombang-tinggi-diprakirakan-melanda-jateng
https://jogja.idntimes.com/news/jogja/paulus-risang-pratama-1/waspada-gelombang-tinggi-nelayan-di-diy-diminta-tak-melaut

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gelombang-tinggi-15-meter-terjang-5-wilayah