[SALAH] Ribuan Kader Perindo dan Nasdem Deklarasikan Dukungan ke Anies Baswedan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi valid yang mendukung klaim kader Partai Perindo dan Nasdem yang deklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan. Video tersebut hanya berisi cuplikan beberapa video yang tidak memiliki kaitan satu sama lain.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1705486695.57898/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “Gemparkan tv rcti !! Ribuan kader Perindo atau kader Nasdem resmi deklarasi anies presiden”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim ribuan kader Partai Perindo dan Partai Nasdem deklarasikan dukungan kepada calon presiden Anies Baswedan. Mereka disebut siap memenangkan Anies untuk merebut kursi presiden pada Pemilu 2024.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ditemukan informasi valid yang mendukung klaim yang beredar. Video yang diunggah tersebut hanya menggabungkan beberapa video yang tidak memiliki kaitan satu sama lain.

Beberapa diantaranya adalah video Deklarasi Partai Perindo di Provinsi Sulawesi Tenggara yang diunggah oleh akun Youtube Partai Perindo pada 2015 lalu, dan video deklarasi dukungan Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPPP-SPSI) kepada Anies Baswedan yang dilakukan pada Juli 2023 lalu.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Partai Perindo tergabung dalam koalisi yang mendukung paslon Ganjar Pranowo – Mahfud MD. Sedangkan Nasdem memang sejak awal sudah mendukung Anies Baswedan – Cak Imin.

Selain itu, tidak ada narasi yang disampaikan dalam video tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video tersebut merupakan konten yang menyesatkan dan klaim yang disebutkan sebelumnya tidak dapat dibuktikan dengan valid.

=====

[REFERENSI]: