[SALAH]: Rekaman Perbincangan Antara Dandim, Bupati, Kapolres, & Kajari Batu Bata

Hasil periksa fakta Vania.

Konten Palsu. Dalam rekaman tersebut dikatakan bahwa adanya rencana taktik penyuapan yang dilakukan di setiap Desa untuk memilih paslon nomor 2, nyatanya rekaman tersebut telah diklarifikasi oleh pihak terkait bahwa itu bukan merupakan suara asli dari mereka.

=====

KATEGORI: KONTEN PALSU

=====

SUMBER: TIKTOK

=====

NARASI: BOCOR!!! Rekaman Perbincangan Antara Dandim, Bupati, Kapolres, & Kajari Batu Bata

=====

PENJELASAN:
Beredar video tiktok yang diupload oleh akun tiktok bernama National Corruption Watch pada Sabtu, 13 Januari 2024.

Isi pada video itu ialah menampilkan rekaman perbincangan antara Dandim, Bupati, Kapolres dan juga Kajari Batu Bara yang sedang membahas mengenai kecurangan yang akan dilakukan mengenai penyuapan, dalam video tersebut membicarakan setiap kepala desa diarahkan untuk memilih paslon nomor 2 dan memenangkan paslon nomor 2 didesa masing – masing.

Akan tetapi Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajati Sumut) Idianto melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Yos A Tarigan memastikan bahwa video itu hoaks. Kemudian Kejaksaan Agung (Ketutu Sumedena) pun juga melakukan klarifikasi kepada pihak terkait bahwa beliau tidak tau menahu mengenai rekaman tersebut dan mengatakan bahwa pihak Kajati Sumut tidak pernah berkumpul dengan pihak Kapolres dan lainnya. Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan suara dalam video viral itu bukan suara dari Kapolres Batubara maupun Forkopimda. Menyusul, rekaman tersebut telah disangkal oleh Kapolres Batubara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb dan Dandim 0208/Asahan, Letkol Inf Muhammad Bassarewan pada Minggu, 14 Januari 2024.

Dengan begitu rekaman yang telah disebarkan oleh akun tiktok National Corruption Watch merupakan konten palsu dan menggiring opini publik yang salah terhadap sifat kampanye paslon 2.

=====

REFERENSI:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240114111133-617-1049248/tni-bantah-dugaan-rekaman-dandim-kejari-batubara-menangkan-paslon-02
https://waspada.co.id/2024/01/kapolres-dandim-dan-kajari-batubara-bantah-rekaman-percakapan-menangkan-capres-02/
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-rekaman-perbincangan-antara-dandim-bupati-kapolres-kajari-batu-bata