[SALAH] AKUN FACEBOOK KAPOLDA KALSEL “WINARTO SILVANA”

Akun tersebut PALSU. Hal ini telah diklarifikasi oleh pihak terkait melalui kepolisian setempat.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: FACEBOOK

https://web.facebook.com/profile.php?id=61555262080235
https://archive.cob.web.id/archive/1705369202.229956/index.html

===

NARASI: (tidak terdapat narasi)

===

PENJELASAN: Beredar sebuah akun Facebook yang mengatasnamakan Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Winarto dengan nama “Winarto Silvana”. Akun tersebut diketahui menggunakan nama serta poto profil Winarto yang sedang mengenakan seragam kepolisian, dan tengah berjabat tangan dengan Kapolda Kalsel sebelumnya yakni Irjen Pol Andi Rian di momen serah terima jabatan Kapolda Kalsel.

Namun setelah melansir melalui beberapa sumber, diketahui bahwa akun tersebut adalah akun PALSU. Melansir dari beritasatu.com, Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Adam Erwindi menyatakan jika akun tersebut bukan milik Kapolda Kalsel.

“Kami ingatkan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan waspada terhadap informasi yang diterima melalui media sosial atau pesan elektronik yang mencurigakan. Kapolda Kalsel atau aparat kepolisian tidak akan pernah meminta uang atau informasi pribadi melalui platform tersebut,” ucap  Adam.

Berdasar seluruh referensi, akun Facebook dengan nama “Winarto Silvana” bukanlah milik Kapolda Kalsel. Akun tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

REFERENSI:

https://klikkalsel.com/waspada-penipuan-akun-palsu-mengatasnamakan-kapolda-kalsel-beredar-di-media-sosial/
https://www.beritasatu.com/network/wartabanjar/87232/marak-akun-palsu-mencatut-nama-kapolda-kalsel-irjen-pol-winarto-humas-imbau-warga-berhati-hati
https://banjarmasin.tribunnews.com/2024/01/15/akun-palsu-mencatut-nama-kapolda-kalsel-muncul-ini-penjelasan-kabid-humas-kombes-pol-adam-erwindi
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-akun-facebook-kapolda-kalsel-winarto-silvana